Resep Tauto (Soto Tauco) Pekalongan, Bisa Manjain Lidah

Claudia Dawson   19/11/2020 12:51

Tauto (Soto Tauco) Pekalongan
Tauto (Soto Tauco) Pekalongan

Anda sedang mencari inspirasi resep tauto (soto tauco) pekalongan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tauto (soto tauco) pekalongan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tauto (soto tauco) pekalongan, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan tauto (soto tauco) pekalongan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Tauco Soto Khas Pekalongan disingkat Tauto. Jika kebetulan lewat sini silahkan mampir. #tauto #taucosoto #sotokhaspekalongan. Tauto Pekalongan atau Soto Pekalongan (Hanacaraka:ꦠꦻꦴꦠꦺꦴ ꦥꦼꦏꦭꦺꦴꦔꦤ꧀) adalah makanan khas Pekalongan dari dua perpaduan kebudayaan kuliner (Tionghoa dan India) yang menyatu dan terjadi di Pekalongan.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah tauto (soto tauco) pekalongan yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Tauto (Soto Tauco) Pekalongan menggunakan 24 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Tauto (Soto Tauco) Pekalongan:
  1. Siapkan 200 gr daging
  2. Ambil 50 gr tulang sapi
  3. Siapkan Bumbu Halus :
  4. Siapkan 5 bawang merah
  5. Gunakan 4 bawang putih
  6. Siapkan 1/4 sdt ketumbar
  7. Ambil jinten sedikit saja
  8. Gunakan 2 kemiri
  9. Sediakan Bumbu tambahan :
  10. Sediakan 3 sdm tauco
  11. Gunakan 2 lbr daun salam
  12. Gunakan 2 lbr daun jeruk
  13. Sediakan 1/2 ruas jahe geprek
  14. Ambil 1 serai geprek
  15. Sediakan 1/2 ruas lengkuas geprek
  16. Ambil 2 sdm kecap manis
  17. Siapkan garam
  18. Ambil gula pasir
  19. Sediakan kaldu bubuk
  20. Ambil merica bubuk
  21. Gunakan Bahan Pelengkap :
  22. Gunakan 1 batang daun bawang iris
  23. Sediakan tauge
  24. Sediakan soun, rebus, tiriskan, sisihkan

Tauco membuat kuah soto jadi lebih kental dan merah dibandingkan soto-soto di Jawa pada umumnya. Tauto adalah Makanan dari perpaduan dua kebudayaan kuliner (Tionghoa dan India ) yang menyatu yang terjadi di Pekalongan. Ini termasuk kuliner Pekalongan yang misterius, karena masih belum diketahui siapa penemunya. Kebanyakan sih menyebut tauto, gabungan antara soto dan tauco.

Cara membuat Tauto (Soto Tauco) Pekalongan:
  1. Rebus daging + tulang 15 menit, buang air rebusan, ganti dg air baru, rebus dg api kecil agar tetap bening rebus sampai empuk. Daging nya lalu di potong2, masukkan kembali ke dalam kuah.
  2. Goreng bawang merah+ putih, kemiri, ketumbar, jinten, ulek halus sisihkan.
  3. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus + daun jeruk + daun salam + serai + jahe geprek + lengkuas sampai harum. Tambahkan tauco tumis kembali sampai harum
  4. Tuang bumbu halus ke dalam rebusan kaldu, rebus sampai mendidih kembali, beri garam, gula pasir, kecap manis, kaldu bubuk, merica bubuk tes rasa.
  5. Masukkan daun bawang, biarkan sebentar lalu matikan api.
  6. Tata di mangkuk, soun, tauge, beri daging + kuah soto, sajikan dg sambal dan lontong atau nasi 😊

Dua unsur makanan yang berbeda ternyata bisa sangat serasi di lidah, lho. Jika kamu ingin mencicpi rasa yang otentik, langsung datang. Hidangkan tauto dengan kerupuk mi dan irisan jeruk Tambahkan tauco, aduk rata. yang disimpan di tempat terpisah. Here is another famous soto (soup), this time from the city of Pekalongan in Central Java, a place famous for its batik and of course, soto :) Tauto is actually abbreviation of soto tauco, or I guess more precisely, tauco soto, and hence tauco (or fermented soy bean) is a must have ingredient to make. RASA SOTO TAUTO begitu muantep menggoda lidah anda.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Tauto (Soto Tauco) Pekalongan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved