Langkah Mudah untuk Menyiapkan Lumpur surga (khas Banjarmasin) Anti Gagal

Alma Lyons   26/11/2020 05:16

Lumpur surga (khas Banjarmasin)
Lumpur surga (khas Banjarmasin)

Anda sedang mencari ide resep lumpur surga (khas banjarmasin) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal lumpur surga (khas banjarmasin) yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lumpur surga (khas banjarmasin), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan lumpur surga (khas banjarmasin) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Sesuai dengan namanya, kue lumpur surga emang punya rasa yang surga banget alias enak banget! Ini adalah salah satu makanan khas sari Banjarmasin. Mungkin karena rasanya yang enak banget 😍.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah lumpur surga (khas banjarmasin) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Lumpur surga (khas Banjarmasin) memakai 15 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Lumpur surga (khas Banjarmasin):
  1. Gunakan Bahan lapisan hijau :
  2. Siapkan 3 butir telur
  3. Sediakan 8 sdm gula pasir
  4. Ambil 2 sdm maizena
  5. Ambil 6 lembar daun pandan (blender dengan 125ml air
  6. Siapkan Saring dn buang Ampasnya)
  7. Ambil 125 ml Santan (1bh kara 65ml+air)
  8. Ambil Sejumput Garam
  9. Gunakan Vanili
  10. Sediakan Bahan lapisan putih :
  11. Sediakan 1 sdm tepung beras
  12. Sediakan 1 sdm tepung maizena
  13. Sediakan 3 sdm gula pasir
  14. Ambil 400 ml Santan (1bh kara 65ml +air)
  15. Sediakan Sejumput garam

Kue aslinya biasanya dibuat dari custard yang merupakan campuran susu. Lumpur surga adalah makanan penutup khas Banjarmasin. Lagi kepingin ngemil yang gurih manis. akhirnya pilihan hati jatuh ke si ijo yang dirindukan. Suami dan anak, bapak ibu dan keluarga juga suka banget.

Langkah-langkah membuat Lumpur surga (khas Banjarmasin):
  1. 1.Bahan hijau : dalam wadah masukkan telur dan gula, kocok sampai gula larut lalu tambahkan jus pandan, santan lalu tepung terigu. Aduk aduk, saring. Tuang ke dlm cup alum. foil (atau wadah tahan panas), isi 3/4 dari wadahnya. Kukus 20 menit, jgn lupa panaskan kukusan terlebih dahulu dan tutup panci dg serbet bersih supaya air tidak menetes.
  2. 2.Sambil menunggu dikukus, siapkan bahan lapisan putih. Masukkan semua bahan jadi satu, aduk rata lalu masak dg api kecil hingga meletup2 dan mengental sambil terus diaduk. Matikan api
  3. 3.Masukkan bahan lapisan putih ke atas lapisan hijau yg sudah dikukus tadi. Lanjutkan mengukus kurleb 10 menit.
  4. 4.Angkat, diamkan sampai agak dingin lalu masukkan kulkas, Sajikan dingin lebih nikmat.
  5. Note : - 1. saya pakai santan instan karna bikinnya dadakan dn tiba2 pengen makan lumsur porsi banyak, klo beli dapat nya seiprit dn kurang 🙊😂😂 - 2. lapisan hijau saya pakai t. Maizena bukan tepung terigu biar hasilnya lumer dn lembut
  6. Maaf ngk bisa foto step by step Karna bikinnya buru2 😁✌

Ini adalah lumpur surga, jajanan tradisional ini bertekstur lembut dan beraroma pandan. Cocok banget untuk menu buka puasa, nih. Ini adalah salah satu makanan khas sari Banjarmasin. Nikmati lezat dan sedapnya hidangan kue lumpur surga yang sedap. Seperti namanya hidangan ini akan dapat memanjakan lidah anda dan memberikan sensasi menggoda dari setiap gigitan hidangan ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Lumpur surga (khas Banjarmasin) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved