Cara Gampang Menyiapkan Ambikuk (kue khas banjarmasin) yang Lezat Sekali

Lora Fowler   06/11/2020 04:58

Ambikuk (kue khas banjarmasin)
Ambikuk (kue khas banjarmasin)

Anda sedang mencari inspirasi resep ambikuk (kue khas banjarmasin) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ambikuk (kue khas banjarmasin) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Perjalanan kali ini singgah di sebuah warung yang bernama "VIKRI SERABI" bertempat Jl. Nah, itu lah lima makanan khas Banjarmasin yang enak dan cocok disantap saat lebaran bersama keluarga. Diantara lima makanan tersebut, mana, nih Kue bingka memiliki tekstur yang lembut dan berlemak serta rasa yang manis.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ambikuk (kue khas banjarmasin), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan ambikuk (kue khas banjarmasin) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ambikuk (kue khas banjarmasin) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ambikuk (kue khas banjarmasin) menggunakan 8 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Ambikuk (kue khas banjarmasin):
  1. Ambil 1 kg ubi kayu/singkong
  2. Ambil Sejumput garam
  3. Sediakan Kuah kinca (gula merah santan)
  4. Gunakan 1/2 biji kelapa parut (kurleb 1 mangkok santan)
  5. Siapkan 2 batok gula merah (kurleb 150 gr)
  6. Ambil 7 sdm gula pasir
  7. Gunakan 1/2 gelas air
  8. Gunakan Seujung sdt garam

Spoiler for Pais: Pais merupakan salah kue khas dari banjar. Amparan tatak merupakan sajian kue khas Banjarmasin yang mempunyai rasa manis. Makanan khas Banjarmasin berikutnya ada gangan paliat yang terbuat dari ikan baung atau ikan gabus dan bisa diganti dengan udang. Dijuluki kota seribu sungai, Banjarmasin punya beragam kue tradisional yang enak.

Cara membuat Ambikuk (kue khas banjarmasin):
  1. Parut singkong, kemudian peras airnya (sy menggunakan serbet/kain bersih) sampai tdk menetes lg airnya. Sisihkan
  2. Parut kembali singkong yg sdh setengah kering (jdnya menggumpal2) hingga berubah sprti tepung roti
  3. Panaskan kukusan, beri serbet pd tutup panci, spya uap airnya tdk turun ke bawah
  4. Masukkan singkong parut k dlm loyang bundar yg dilapisi plastik tipis (spya tidak lengket) ratakan atasnya. Kukus sampai matang hingga berubah warna
  5. Untuk saus gula merah, didihkan gula merah dengan 1/2 gelas air. Tambahkan gula pasir dan garam, masukkan santan. Setelah mendidih matikan api, siap d santap

Seperti amparan tatak, sarimuka, hingga bingka kelapa yang gurih manis. Maya Canteen : Legitnya Sarimuka dan Amparan Tatak Khas Banjarmasin. Dijuluki kota seribu sungai, Banjarmasin punya beragam kue. Kue bingka khas Banjarmasin mempunyai tekstur yang legit dan lembut. Bicara mengenai rasanya, kue ini sudah pasti enak, manis, dan gurih.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat ambikuk (kue khas banjarmasin) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved