Cara Gampang Menyiapkan Soto Tauco Pekalongan Anti Gagal

Rosie Boone   17/10/2020 02:26

Soto Tauco Pekalongan
Soto Tauco Pekalongan

Sedang mencari inspirasi resep soto tauco pekalongan yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto tauco pekalongan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto tauco pekalongan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan soto tauco pekalongan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Tauto Pekalongan atau Soto Pekalongan (Hanacaraka:ꦠꦻꦴꦠꦺꦴ ꦥꦼꦏꦭꦺꦴꦔꦤ꧀) adalah makanan khas Pekalongan dari dua perpaduan kebudayaan kuliner (Tionghoa dan India) yang menyatu dan terjadi di Pekalongan. Tauto berasal dari Caudo (soto kuliner Tiongkok) dan Tauco bumbu India. Pekalongan - Soto, coto, atau mungkin sauto, sederetan nama tersebut mungkin sudah cukup akrab di telinga para penggemar kuliner nusantara.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto tauco pekalongan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Soto Tauco Pekalongan menggunakan 26 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Soto Tauco Pekalongan:
  1. Ambil 500 gr daging sapi
  2. Sediakan 1 batang serai (disini serai besar2)
  3. Gunakan 3 lembar daun salam
  4. Siapkan 4 lembar daun jeruk (skip krn gada)
  5. Gunakan 3 cm jahe (skip jg krn gada)
  6. Sediakan 4 cm lengkuas
  7. Gunakan 4 sdm tauco (saya pk yg asin)
  8. Sediakan 2 sdm garam
  9. Gunakan 2 sdm kecap manis
  10. Siapkan 3 sdm minyak utk menumis
  11. Gunakan Air secukupnya (1 panci kurleb 2ltr)
  12. Ambil Bumbu halus:
  13. Ambil 9 btr bawang merah
  14. Sediakan 8 btr bawang putih
  15. Sediakan 10 btr cabe merah keriting (rebus buang bijinya)
  16. Sediakan 3 btr kemiri
  17. Gunakan 1/2 sdt merica
  18. Gunakan 1/2 sdt pala bubuk
  19. Ambil 1/2 sdt garam
  20. Gunakan 1 sdm gula merah (disini cm ada bubuk)
  21. Ambil Bahan pelengkap:
  22. Sediakan Lontong klo ada (saya pk nasi)
  23. Sediakan Daun bawang
  24. Siapkan Toge (rendam dengan air panas 5 menit)
  25. Sediakan Soun/bihun
  26. Gunakan Bawang goreng

Soto Tauto adalah Makana Khas Pekalongan. Menggunakan daging kerbau, kuahnya dicampur Soto Pekalongan merupakan soto yang khas dengan bumbu tauco nya. Soto Tauto atau sering disebut dengan soto tauco, adalah salah satu jenis soto khas dari Pekalongan. Warna coklat ini didapatkan dari kuah tauco yang berbahan dasar dari kedelai.

Cara membuat Soto Tauco Pekalongan:
  1. Masukkan air, daging sapi, serai, jahe, lengkuas, 2 sdt garam, dan jeruk, daun salam ke dalam panci. Ganti air 1x dan masak hingga daging matang. Ambil buih dan kotoran yang mengambang di permukaan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang lalu tambahkan tauco dan masak sebentar lalu angkat.
  3. Masukkan tumisan ke dalam air rebusan dan aduk rata. Masak dengan api kecil hingga daging empuk, tambahkan kecap. Angkat daging dan potong2 sesuai selera dan masukkan kembali ke kuah soto, aduk rata dan koreksi rasa.
  4. Berhubung ini bulan puasa, saya ga pernah icip2 masakan sampai waktu berbuka dan surprisingly rasanya sudah pas jadi ga perlu ditambah apa2. Mungkin karena tauconya jg sudah asin. Jadi buat ibuk2 yg pk tauco asin, hati2 dalam menambahkan garam. Tata nasi/lontong, soun/bihun, toge, daun bawang dalam mangkok dan tuang kuah soto & tambahkan bawang goreng. Siap disajikan bersama sambal atau jeruk nipis (saya skip krn pedasnya sudah cukup dan gada jeruk nipis). Selamat berbuka 🙏🏼

Makanan khas Pekalongan lainnya yang tidak kalah enak dan terkenalnya ini adalah tauto atau soto tauco. Here is another famous soto (soup), this time from the city of Pekalongan in Central Java, a place famous for its batik and of course, soto :) Tauto is actually abbreviation of soto tauco, or I guess. Ciri khas dari Soto Pekalongan adalah penambahan Tauco atau fermentasi kacang kedelai sebagai bumbu utama sehingga menghasilkan bau dan rasa yang khas, lain dari soto yang lain Resep Membuat Soto Pekalongan soto khas daerah pekalongan dimana menggunakan bahan inti Tauco tauco adalah hasil fermentasi Kedelai sama seperti Kecap namun belum di jadikan cair dan. Sesendok bumbu tauco diceploskan di atas bahan-bahan itu kemudan diguyur kuah tauco hangat. Soto tauto yang dijualnya dibagi menjadi dua pilihan padanan, yakni dicampur dengan nasi atau.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto tauco pekalongan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved