Resep Kue Lapis Ketan yang Lezat

Gertrude Martinez   14/11/2020 20:26

Kue Lapis Ketan
Kue Lapis Ketan

Lagi mencari ide resep kue lapis ketan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue lapis ketan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue lapis ketan, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan kue lapis ketan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat kue lapis ketan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue Lapis Ketan memakai 10 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Kue Lapis Ketan:
  1. Gunakan Tepung ketan Rosebrand
  2. Siapkan Tepung Maizenaku
  3. Gunakan Susu Cair
  4. Ambil Skm
  5. Siapkan Gula pasir
  6. Siapkan santan kara (saya pakai sisa santan bks buat bubur durian)
  7. Sediakan coklat compound (dark coklat) lelehkan terlebih dahulu
  8. Gunakan pasta pandan hijau
  9. Siapkan Mentega
  10. Ambil untuk membalut kukusan nanti
Langkah-langkah membuat Kue Lapis Ketan:
  1. Susu cair, santan, gula dan SKM di didihkan terlebih dahulu, sampai meletup dan berbusa-busa (saya pakai santan sisa buat bubur ketan durian kemarin, karena stock santan kara lagi habis) jika sudah matikan kompor dan dinginkan terlebih dahulu.
  2. Siapkan mangkok dengan di isi tepung ketan dan tepung maizenaku, lalu tuang air susu tadi kedalam adonan, aduk rata hingga kalis.
  3. Aduk adonan secara merata, buat adonan menjadi tiga bagian, saya menggunakan pasta pandan untuk warna hijau dan coklat compound untuk warna coklat.
  4. Setelah itu siapkan kukusan, kukus adonan putih di dalam tempat yang telah di lapisi plastik dan di lumuri mentega, kukus kurang lebih selama 15 menit.
  5. Jika adonan telah berubah tekstur, bentuk dan warna baru ditimpa dengan warna hijau, kukus lagi selama 15 menit, hingga adonan terlihat matang, lalu terakhir timpa dengan adonan warna coklat kukus selama 10 menit. Matikan kompor Dan dinginkan.
  6. Jika sudah dingin, letakan kue lapis kedalam piring, lalu lepaskan plastiknya, potong kue lapis sesuka ukuran anda. (Untuk memotong pisau harus dilapisi dengan plastik terlebih dahulu agar tidak lengket).
  7. Kue lapis ketan siap untuk di nikmati, selamat mencoba semua !

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat kue lapis ketan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved