Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sambal Tomat Terasi Matang, Enak Banget

Nannie Salazar   15/10/2020 21:03

Sambal Tomat Terasi Matang
Sambal Tomat Terasi Matang

Lagi mencari ide resep sambal tomat terasi matang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal tomat terasi matang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal tomat terasi matang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal tomat terasi matang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sambal tomat terasi matang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sambal Tomat Terasi Matang memakai 9 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sambal Tomat Terasi Matang:
  1. Gunakan 2 buah cabe merah besar
  2. Gunakan 15 buah cabe merah kecil
  3. Siapkan 3 buah bawang merah kecil
  4. Sediakan 2 siung bawang putih
  5. Ambil 1 sdt terasi bakar
  6. Siapkan 2 buah tomat merah
  7. Sediakan 1/2 sdt garam
  8. Ambil 1/2 sdt kaldu jamur
  9. Gunakan 1 sdt gula
Langkah-langkah menyiapkan Sambal Tomat Terasi Matang:
  1. Siapkan semua bahan-bahan yang akan digunakan. Cuci bersih dan potong2.
  2. Goreng di minyak panas sebentar saja sampai agak layu dengan minyak sedikit. Tutup teflon nya untuk menepis ledakan minyak.
  3. Ulek cabe, bawang merah, bawang putih, terasi garam dan kaldu jamur. Setelah halus, baru masukkan tomat, lalu haluskan lagi. (Tomat masuk belakangan agar sambalnya tidak berair dan terlalu halus).
  4. Panaskan teflon, beri 1 sdm minyak. Masukkan sambal, tumis hingga matang. Biarkan dingin, Sajikan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal tomat terasi matang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved