Langkah Mudah untuk Membuat Baruasa gula merah Anti Gagal

Ricardo Bryant   15/10/2020 06:31

Baruasa gula merah
Baruasa gula merah

Anda sedang mencari inspirasi resep baruasa gula merah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal baruasa gula merah yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari baruasa gula merah, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan baruasa gula merah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Resep kue baruasa gula merah khas Makassar. Resep Kue Tradisional Bolu Gula Merah Bolu Cukke. Resep Kue Janda Genit Paling Mudah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan baruasa gula merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Baruasa gula merah menggunakan 10 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Baruasa gula merah:
  1. Ambil 1 mangkuk telur
  2. Ambil 2 mangkuk gula merah yang sudah diserut halus
  3. Ambil 1 sendok nasi gula pasir
  4. Gunakan 1 mangkuk minyak goreng
  5. Siapkan 1 mangkuk kelapa parut, disangrai sampai kering agak kecoklatan
  6. Sediakan 1 kg tepung terigu
  7. Sediakan 250 gr tepung beras
  8. Sediakan 1/2 sdm soda kue
  9. Gunakan 1 sdm tbm
  10. Gunakan 1/2 sdt vanili

Campurkan ( gula pasir + gula merah + jahe secukupnya + beberapa potong daun pandan + tambahkan sedikit garam ) dan air bersih secukupnya. Rebus sambil di aduk aduk hingga mendidih. Baruasa Ciri Khas Sulawesi Dalam keberagaman suku bangsa dan budaya, banyak pula keaneka ragaman penganan yang dapat dihasilkan pada tiap-tiap daerah di Indonesia. Gula merah atau gula jawa merupakan gula khas dari Indonesia dan hanya ada di Indonesia yang dibuat dari pengolahan nira.

Cara membuat Baruasa gula merah:
  1. Tepung terigu dan tepung beras disangrai hingga terasa ringan, dinginkan. Kelapa yang telah disangrai dihaluskan.
  2. Kocok telur, gula merah, gula pasir dan tbm hingga mengembang. Lalu masukkan soda kue dan vanili, kocok sampai rata.
  3. Masukkan kelapa sangrai yang telah dihaluskan, kocok rata.
  4. Masukkan minyak, kocok hingga rata.
  5. Masukkan tepung yang sudah disangrai sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan bisa dibentuk (kalau tepungnya masih ada sisa biarkan saja jangan dipaksakan masuk semua nanti adonannya keras).
  6. Adonan dibentuk bulat kecil (besarnya sesuai selera), tata di atas loyang yang telah dioles margarin atau minyak.
  7. Panggang dalam oven yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  8. Mangkuk yang saya pakai untuk ukurannya saya pakai mangkuk cucian tangan.

Nira yang digunakan berbeda-beda bisa dari nira kelapa, aren dan siwalan. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat Anda atasi dengan menggunakan kayu manis di mana aktivitas insulin bisa dirangsang dengan baik dan akhirnya kadar gula darah pun bisa menurun. Ada dua varian rasa kue baruasa, yaitu original dengan menggunakan gula pasir atau campuran gula merah. Kudapan ini juga sangat cocok bila dihidangkan bersama teh atau kopi panas. Kue baruasa ini termasuk kedalam jajaran kue kering yang merupakan ciri khas dari daerah Bugis Terdapat dua varian rasa, yang menggunakan campuran gula merah atau gula pasir (original).

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat baruasa gula merah yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved