Cara Gampang Membuat Bola-bola Mie yang Enak

Dipos pada December 16, 2017

Bola-bola Mie

Anda sedang mencari inspirasi resep Bola-bola Mie yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Bola-bola Mie yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bola-bola Mie, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bola-bola Mie enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kira-kira porsi penyajian Bola-bola Mie sekitar 20 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebelum saya lupa, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Bola-bola Mie diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bola-bola Mie sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bola-bola Mie memakai 9 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rumah saya masuk dalam kategori cluster, sehingga tidak memiliki banyak tetangga. Hanya 35 rumah saja, itupun tidak terisi semua. Di setiap kamis malam, kami agendakan untuk berkumpul. Diawali dengan pengajian sholawatan, lalu bercengkrama saling melempar cerita. Dan tentu saja di antaranya, ibu-ibu berbagi makanan dan resep di dalam momen tersebut. Dan di sebuah kamis malam, saya sudah kehabisan ide akan membuat makanan apa. Tadi pagi lupa tidak belanja. Ketika membuka lemari makanan, hanya menemukan mie instan. Untungnya di lemari pendingin masih ada telur ayam. Terpikirlah untuk membuat martabak mie saja. Hei, bukannya minggu lalu abis tergoda marketing teflon serbaguna yang datang ke tempat kerja? Bentuknya bulatan kecil-kecil, jadi kenapa engga buat mienya dibentuk bulat-bulat kecil saja biar unik. Dan inilah hasilnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bola-bola Mie:

  1. 2 bungkus mie instan kuah rasa ayam bawang
  2. 3 butir telur
  3. 1 bungkus kornet sapi sachet
  4. 2 sdm terigu serbaguna
  5. 1 sdt kaldu sapi
  6. 2 batang bawang daun, iris menyerong
  7. 2 buah cabai kriting, iris serong tipis (optional)
  8. Air
  9. Minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Bola-bola Mie

1
Rebus mie instan hingga matang lalu disaring. Diamkan dahulu sebentar hingga hilang uap panasnya. Sisihkan.
2
Kocok telur hingga tercampur rata, lalu masukkan daun bawang, cabai kriting, kornet sapi, dan kaldu sapi. Aduk-aduk lagi hingga rata.
3
Tuang terigu yang sudah dicairkan terlebih dahulu dengan sedikit air, aduk rata. Masukkan mie instan yang sudah direbua tadi, aduk rata.
4
Siapkan teflon yang terdapat lubang-lubang kecil di dalamnya sehingga nanti hasilnya akan berbentuk bola, lalu teteskan sedikit minyak goreng di sana. Tunggu panas.
Bola-bola Mie - Step 4
5
Tuang adonan mie kira-kira 1 sdm pada masing-masing lubang, tunggu sebentar saja. Lalu balik adonan dengan mengunakan bantuan 2 buah tusuk sate. Bolak-balik adonan mienya supaya nanti hasilnya membentuk seperti bola kecil, lalu angkat sesudah berwarna kecoklatan atau tingkat kematangannya sesuai selera. Tiriskan.
6
Lakukan langkah kelima tersebut hingga adonan mie habis.
7
Susun bola-bola mie di piring, sajikan dengan saos cabe/tomat dan mayonaise.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu Rambutan Isi Telur Puyuh

Tahu Rambutan Isi Telur Puyuh

#DiRumahAja sesuai himbauan pemerintah untuk memutus rantai penularan covid-19, beberapa hari ini suami WFH,, untuk menemani suami dalam WFH saya buatkan snack basah kesukaan nya 🤩. Biar tambah semangat kerjanya 💪. #semoga cepat berlalu ya virus nya🤲 Allahuma Aminnn

Indomie sarden

Indomie sarden

Menu andalan mkn mlmnya mama saat anak2 nya masih kecil..😁..aq masak 4 bks,kalo mau makan mie sarden hrs rame2 mknnya baru enak..😀😃

6 porsi
Mie Siram Pedas

Mie Siram Pedas

1 porsi
Mi kuah saus bayam ala ala

Mi kuah saus bayam ala ala

Pingin pakai sayur, yang ada cuma bayam, lanjuut!

2 porsi
Nugget Mie Instan

Nugget Mie Instan

Iseng-iseng bikin cemilan untuk nonton TV dengan bahan seadanya. Bikinnya mudah, bahannya gampang didapat, rasanya enak, dan murah meriah. Selamat mencoba.

12 potong
Indomie Tombo Lapar

Indomie Tombo Lapar

ada nasi dikit lagi di kosan. males masak nasi lagi. terus ada mie instan. ada telor. ada wortel sisa. hahaha

Mie Goreng Ngasal

Mie Goreng Ngasal

Namanya mie goreng ngasal.. karena bumbunya asal masuk aja hehe.. pulang dari ujian lapar malas masak, ada mie 2 bungkus tak masakin semua wkwk.. ini lapar apa doyan? Nb: jangan sering2 makan mie ya (nunjuk diri sendiri)

Tahu rambutan

Tahu rambutan

Penasaran bikin ini akhrnya kesampean juga😁

Mie Nyemek

Mie Nyemek

4 Porsi
Mie rebus, kangkung, telor

Mie rebus, kangkung, telor

Bosen makan tumis kangkung, coba2 deh pake mie alhasil enak juga

Kebab Indomie

Kebab Indomie

Sempet viral beberapa waktu lalu tapi berhubung pandemic dan kita semua takut untuk jajan tp pengen ngemil, so here we go. Asli resepnya ganjil banget

Ramen Ala Hakata Ikkousha

Ramen Ala Hakata Ikkousha

Terimakasih banyak Cookpad, kegiatan saya #DirumahAja membuat saya selalu ingin #KeDapurAja dan #IndahnyaBerbagi resep dan yang pasti banyak challenge yang seru. Semoga saya beruntung menjadi salah satu Penulis resep terbaik di Cookpad. Terimakasih Cookpad kesempatan emasnya 🤗 Source : Vina Perwitasari Rindu Jakarta, rindu beragam Ramennya 🤩😘😋 #DirumahAja #KeDapurAja #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_borneo #DutaRecookBorneo #DutaRecookSamarinda

Bakso ala mama adel

Bakso ala mama adel

Musim hujan laper terus malea keluar bikin aja makanan sendiri

5-6 porsi
45 menit
Scottle Mie #TantanganPertamaku

Scottle Mie #TantanganPertamaku

Cemilan yg sehat dan enak, cocok untuk teman ngobrol dan santai

12 pcs
30 menit
Mie Goreng

Mie Goreng

Kdg2 kl lg bingung mau buat sarapan apa, maka mie goreng instan diolah jadi seperti ini, simple tapi enaK...yah namanya mie instan, pst cpt buatnya...dan krn suka sayur maunya sayurnya byk...

Seblak ceker campur

Seblak ceker campur

Sekarang hari terakhir chalange #CABEKU #Telur3in1 ikutan ah mumpung masih ada waktu😁 mau bikin yang simple sesuai stok dapur

5 porsi
Martabak Mie yummys

Martabak Mie yummys

Yuuukss....buat cemilan selingan bisa pakai saos atau mayonaise