Resep Sambal Terasi Goreng ala Sunda yang Menggugah Selera

Douglas Ellis   18/07/2020 21:54

Sambal Terasi Goreng ala Sunda
Sambal Terasi Goreng ala Sunda

Sedang mencari inspirasi resep sambal terasi goreng ala sunda yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal terasi goreng ala sunda yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Bahan" untuk bikin sambal terasi Cabe rawit Cabe merah Bawang putih Tomat Terasi Garam Gula merah. Sambal terasi / sambal belacan is one of the quintessential condiments or ingredients in Southeast Asia. It is perfect to serve on the side or to use it as an ingredient in cooking.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal terasi goreng ala sunda, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal terasi goreng ala sunda enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal terasi goreng ala sunda yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal Terasi Goreng ala Sunda memakai 12 bahan dan 1 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sambal Terasi Goreng ala Sunda:
  1. Ambil 20 biji cabe rawit merah
  2. Gunakan 5 siung bwg merah
  3. Gunakan 3 siung bwg putih
  4. Gunakan secukupnya garam
  5. Gunakan secukupnya sasa
  6. Gunakan secukupnya gula merah
  7. Sediakan 2 buah terasi ( aku pake terasi ABC)
  8. Gunakan 2 buah tomat ukuran sedang
  9. Siapkan 1 lembar daun jeruk
  10. Sediakan 2 lembar daun salam
  11. Ambil 100 ml air.
  12. Gunakan secukupnya minyak goreng.

Menu yang satu ini banyak peminatnya. Agar sambal goreng ati tidak amis di lidah, penting buatmu untuk menggunakan asam jawa dan gula jawa yang cukup. Dan buat kamu yang suka dengan pete, bisa lho menambahkannya. Sambal khas Sunda satu ini bahan-bahannya cukup sederhana.

Cara membuat Sambal Terasi Goreng ala Sunda:
  1. Ulek cabe rawit, bamer, baput, terasi, tomat sampai halus - (kalo saat ngulek pake garam, nanti gk perlu pakai garam lg saat d masak/ boleh d cicipi dulu) - panaskan minyak.. - Tumis bahan yg sdh d ulek sampai harum, masukan daun jeruk daun salam. - Tambahkan air, beri sasa, gula, garam kalau msh kurang. - Masak sampai air menyusut. - angkat dan sajikan dg lalapan..!!

Bawang putih, kencur, dan pastinya cabai rawit. Sambal yang satu ini wajib anda ketahui karena sambal ini begitu enak dan sangat mudah membuatnya. Sambal terasi goreng bisa disantap dengan sayur asem, ikan asin, dan makanan lainnya. Untuk membuatnya juga sangat mudah. (Baca Juga : Resep Ayam Goreng Tepung dan Sayur Oyong, Makan Siang Lezat di Akhir Pekan). Ini dia sambal terasi yang cocok untuk dimakan dengan tempe, tahu goreng, ikan asin, ayam goreng plus lalapan mentah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sambal Terasi Goreng ala Sunda yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved