Bagaimana Membuat Lupis ketan putih yang Lezat

Marie Nash   04/07/2020 05:23

Lupis ketan putih
Lupis ketan putih

Sedang mencari ide resep lupis ketan putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal lupis ketan putih yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari lupis ketan putih, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan lupis ketan putih enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Hai sahabat Uni semua. pada video kali ini Uni mau berbagi tentang cara membuat kue lupis ketan yang lezat. Kue lupis salah kesukaan uni. hehehe. Dari kecil suka banget sama jajan Pasar satu ini.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah lupis ketan putih yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Lupis ketan putih memakai 8 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Lupis ketan putih:
  1. Ambil 1 kg ketan putih
  2. Gunakan 2-3 lembar daun pisang
  3. Gunakan Beberapa tusuk gigi/ sapu lidi
  4. Gunakan Sejumput garam
  5. Siapkan Bahan toping :
  6. Ambil 1/2 butir kelapa agak muda parut
  7. Gunakan 1 balok gula merah
  8. Gunakan 4 lembar pandan

Ada banyak kreasi berbahan dasar ketan putih yang bisa anda coba. Beras ketan akan dikukus dalam bungkusan daun pisang berbentuk segitiga (atau lonjong seperti. Cara Membuat Kue Lupis Ketan dan Air Gula Merah. Kue Lupis Ketan Gula Merah (KHUSUS GOJEK GRAB) Stok baru setiap hari!

Cara membuat Lupis ketan putih:
  1. Cuci ketan, kemudian Rendam Ketang 2jam bersama air dan 1/2 sdt garam
  2. Potong 4jari daun pisang yg sudah dibersihkan dan di jemur dulu agar tdk mudah robek. Kemudian lipat seperti gambar 1,2kemudian isi ketan hingga penuh. Lipat kmbali dan Tutup menggunakan tusuk gigi
  3. Jadinya seperti ini, lakukan adonan hingga habis. Saya bentuk begini dan bentuk seperti lontong
  4. Didihkan api di presto. Masukkan semua ketan yg sudah dimasukkan daun, dan daun pandan Bisa menggunakan api biasa. Kurleb 2jam, jika menggunakan presto kira2 1jam.
  5. Sambil menunggu bisa membuat gula nya dengan merebus 1 balik gula dengan 300ml air. Tambahkan daun pandan, masak hingga matang. Sisihkan. Jika dingin bisa pindah ke kulkas. Nanti akan mengental dengan sendirinya ;)
  6. Angkat, tiriskan. Potong2 sesuai selera. Potongnya bisa pake benang,
  7. Tambahkan kelapa parut dan gula. Siap dihidangkan 👍👍

Catatan : - Barang yang sudah dibeli tidak dapat di tukar atau dikembalikan (Sebelum dikirim sudah. Lupis ketan putih lupis ketan hitam wedang jahe / jahe merah ( ori ) susu jahe merah jahe madu teh manis teh madu klepon. Jajanan lupis ini sering kita temukan di pasar. Namun pada umumnya lupis terbuat dari beras ketan putih. Bagaimana kalau Anda mencoba lupis ketan hitam?

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat lupis ketan putih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved