Bagaimana Menyiapkan Kue mendut Anti Gagal

Mark McDonald   08/12/2020 03:27

Kue mendut
Kue mendut

Lagi mencari inspirasi resep kue mendut yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue mendut yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Kue Mendut adalah jajanan tradisional nusantara yang berasal dari Jawa. Kue mendut ini banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional khususnya pasar tradisional di jawa tengah atau jawa timur. Lihat juga resep Mendut enak lainnya.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue mendut, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan kue mendut yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kue mendut yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kue mendut menggunakan 21 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kue mendut:
  1. Gunakan 60 gr ubi jalar kuning, kukus
  2. Siapkan 150 gr tepung ketan
  3. Gunakan 1 sdm gula halus
  4. Gunakan 1 sdm minyak goreng
  5. Siapkan Secukupnya santan kental untuk adonan
  6. Gunakan Sejumput garam
  7. Ambil Sejumput bubuk vanili
  8. Sediakan Secukupnya pewarna makanan hijau
  9. Ambil Unti kelapa
  10. Ambil 250 gr kelapa muda parut
  11. Sediakan 100 gr gula merah
  12. Ambil 2 sdm gula pasir
  13. Sediakan 120 ml air
  14. Sediakan 1 lbr daun pandan
  15. Sediakan Sejumput garam
  16. Siapkan Saus santan
  17. Siapkan 1 bks santan instan
  18. Sediakan 2 sdt tepung maizena
  19. Sediakan 150 ml air
  20. Sediakan 1/4 sdt garam
  21. Ambil 1 lbr daun pandan

Rasanya yang enak dengan tekstur kenyal karena terbuat dari beras ketan disukai banyak orang. Kue mendut termasuk ke dalam jenis kue basah yang melewati proses pengukusan dalam sajiannya. Daun pisang merupakan alas sekaligus pembungkus saji pada kue mendut yang dilipat dan disemat. Resep Kue Mendut Ketan Hitam dan Ketan Putih Sederhana Spesial Asli Enak. kue mendut adalah salah satu aneka kue basah tradisional, jajanan pasar asli khas Indonesia khususnya khas Jawa.

Langkah-langkah membuat Kue mendut:
  1. Masak semua bahan unti kelapa hingga kering, dinginkan
  2. Masak semua bahan saus santan hingga mendidih sambil terus diaduk, masukkan larutan tepung maizena (tepung di campur 3 sdm air matang aduk rata) sambil diaduk2 hingga mendidih, angkat
  3. Buat bahan kulit, kukus ubi hingga empuk lalu haluskan dan campur dengan semua bahan hingga rata. Hati2 saat mencampur santan kental, di kira2 saja hingga adonan kalis dan mudah di bentuk.
  4. Bentuk bulat2 adonan sesuai selera, masukkan unti kelapa dan bulatkan lagi (supaya adonan tidak lenget lebih baik tangan sudah di olesi minyak goreng). Bila sudah habis semua bahan di bulatkan, panaskan kukusan lalu masukkan dengan di alasi daun pisang yang diolesi minyak goreng lebih dulu. Masak sekitar 15 menit hingga matang
  5. Tata di piring saji dengan gurihnya saus kelapa kental 😊

Camilan satu ini banyak sekali sebutannya, mulai dari kue mendut, putri mandi, atau disebut juga kue bugis. Apa pun sebutannya, yang pasti ini salah satu jajanan pasar yang saya suk.. . Resep Kue Mendut - Halo bunda, bunda yang kangen dengan masakan atau jajanan pasar perlu nih sekali-kali membuat jajanan pasar yang enak, salah satunya adalah kue mendut kue mendut. Kue tradisional khas Jawa ini termasuk jajanan pasar yang mulai jarang dijumpai. Kue mendut adalah penganan berbahan tepung ketan yang diberi isian unti kelapa di.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue mendut yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved