Resep Kue putu yang Sempurna

Callie Obrien   13/07/2020 21:50

Kue putu
Kue putu

Sedang mencari ide resep kue putu yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kue putu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue putu, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan kue putu enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Kue putu mangkok, kueh tutu, kue putu ayu, or putu piring is a round-shaped, traditional steamed rice flour kue or sweet snack filled with palm sugar, and commonly found in Indonesia, Singapore. Kue putu. (Puto umbong, Putu bambu, Putu buluh, Puto bumbong). Usually sold by street vendors, this steamed cake is prepared with glutinous rice flour that is flavored and colored with pandan leaves.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah kue putu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue putu memakai 6 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Kue putu:
  1. Ambil 150 gr tepung beras
  2. Gunakan 90 ml air kelapa muda (bisa pakai air biasa) yg di masak dl
  3. Sediakan 100 gr Gula merah di sisir
  4. Sediakan 1/4 sdt garam
  5. Gunakan Pasta pandan
  6. Sediakan Kelapa muda parut

Jangan lupa untuk menaburi kue putu dengan parutan kelapa. Kue putu mangkok, kueh tutu, kue putu ayu, or putu piring is a round-shaped, traditional steamed rice flour kue or sweet snack filled with palm sugar, and commonly found in Indonesia, Singapore. Kue putu mangkok, kueh tutu, kue putu ayu, or putu piring is a round-shaped, traditional steamed rice flour kue or sweet snack filled with palm sugar, and commonly found in Indonesia, Singapore. Kue putu sering ditemukan di banyak tempat dengan penjual yang menjajakan secara berkeliling menggunakan sepeda.

Langkah-langkah menyiapkan Kue putu:
  1. Siapkan tepung beras,air kelapa muda yg masih panas dan pasta pandan,aduk sampai tercampur rata
  2. Saring adonan tepung agar hasilnya bagus tanpa ada tepung yg bergerindil
  3. Siapkan cetakan yg sdh di olesi minyak tipis²,masukkan tepung ½ cetakan lalu masukkan gula merah,terakhir tambahkan lagi tepung sampai tertutup rata (jgn terlalu padat y saat mengisi agar matang sempurna)
  4. Kukus kue putu sampai matang,alasi tutup kukusan dgn kain bersih agar uap tidak menetes pada adonan,setelah matang lepaskan dr cetakan dan sajikan dengan parutan kelapa muda yg sudah di kukus agar tdk mudah basi

Keunikan lain yang terdapat dari kue putu ayu ini adalah penggunaan daun. Brilio.net - Kue putu, kue dengan bentuk seperti tabung, berwarna hijau atau putih, rasanya gurih dan manis. Kue yang terkenal dengan suara khas seperti suara peluit ini merupakan salah satu jenis. Kue putu mayang dipercaya punya kaitan dengan cerita rakyat betawi Jampang Mayangsari, identik dengan suatu yang bergelung-gelung dan indah. Inilah resep kue putu ayu serta dilengkapi dengan petunjuk cara membuat kue putu ayu warna Kue putu merupakan salah satu jajanan yang telah ada sejak lama.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Kue putu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved