Bagaimana Menyiapkan Sambal Tongkol Suwir Anti Gagal

Vera Cross   07/12/2020 05:30

Sambal Tongkol Suwir
Sambal Tongkol Suwir

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal tongkol suwir yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal tongkol suwir yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal tongkol suwir, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sambal tongkol suwir yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Saya bukan ahli masak, masih belajar dan akan trus belajar. Jadi mungkin bahan dan cara saya memasak berbeda dengan yang lainnya. Episode masak kali ini miss yzmalicious sharing salah satu olahan ikan tongkol yaitu Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang!

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sambal tongkol suwir sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Sambal Tongkol Suwir menggunakan 10 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sambal Tongkol Suwir:
  1. Gunakan 2 ekor Ikan Tongkol
  2. Ambil 1 buah Jeruk Nipis
  3. Sediakan Secukupnya Minyak Goreng
  4. Ambil 1 sdt Garam
  5. Ambil 1 sdm Gula Pasir
  6. Siapkan Bumbu Halus
  7. Gunakan 20 buah Cabe Merah
  8. Sediakan 5 siung Bawang Merah
  9. Ambil 3 siung Bawang Putih
  10. Ambil 1 buah Tomat

Secukupnya garam, penyedap, dan minyak sayur. Aduk rata dan masak sebentar saja, lalu matikan kompor. Lihat juga resep Tongkol Suwir Sambal Matah enak lainnya. Sajian ikan tongkol goreng sambal balado adalah salah satu menu hidangan utama yang enak dan sedap.

Cara membuat Sambal Tongkol Suwir:
  1. Potong ikan terlebih dahulu, lalu kucurin dengan jeruk nipis dan garam.
  2. Setelah itu panaslan minyak, goreng ikan hingga matang, tapi jangan kering. Lakukan sampai ikan habis, sisihkan.
  3. Setelah itu suwir ikan tongkol, sisihkan. Jangan terlalu kecil suwir nya, nanti bisa hancur pas dimasak.
  4. Masukkan bumbu halus yang sudah diblender tadi kedalam minyak panas.
  5. Aduk sesekali sampai sambal masak, tambahkan garam dan gula secukupnya.
  6. Koreksi rasa. Setelah dirasa pas, masukkan ikan tongkol yang sudah disuwir tadi.
  7. Aduk hingga sambal merata. Lalu sajikan didalam wadah. Selamat menikmati~

Salah satu tipe masakan yang bisa disimpan sebagai stok di freezer. Masaknya sekaligus banyak, lalu taruh dalam wadah bening ukuran kecil. Suwir-suwir daging tongkol hingga habis dan sisihkan ke dalam wadah. Aduk sampai merata dan terlihat layu. Beri perasan jeruk limau, aduk rata.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal tongkol suwir yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved