Resep Tongkol bakar sambal kecap, Bisa Manjain Lidah

Brandon Walker   10/09/2020 10:27

Tongkol bakar sambal kecap
Tongkol bakar sambal kecap

Sedang mencari ide resep tongkol bakar sambal kecap yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol bakar sambal kecap yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol bakar sambal kecap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan tongkol bakar sambal kecap yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Jadi critanya ditawarin ikan tongkol segar. Biasanya beli ikan tongkol di Tongkol bakar sambal kecap. sekeluarga. Proses pembakaran ayam bakar juga membuat kulit ayam terkaramelisasi oleh kecap.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan tongkol bakar sambal kecap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Tongkol bakar sambal kecap menggunakan 20 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Tongkol bakar sambal kecap:
  1. Sediakan 3 ekor tongkol
  2. Gunakan Bumbu marinasi yg dihaluskan
  3. Siapkan Garam
  4. Sediakan 1/2 sdt ketumbar bubuk
  5. Sediakan 3 bawang merah
  6. Gunakan 1 bawang putih
  7. Gunakan Asam jawa
  8. Siapkan 1 lbr Daun jeruk
  9. Gunakan 1 lbr daun salam
  10. Sediakan 1 ruas lengkuas
  11. Gunakan Kecap manis
  12. Siapkan secukupnya Air
  13. Ambil Minyak sayur utk menumis
  14. Siapkan Bumbu kecap
  15. Sediakan Kecap manis
  16. Gunakan 1 tomat
  17. Siapkan Lada bubuk
  18. Sediakan 4 cabe setan
  19. Sediakan 3 bawang merah
  20. Ambil 1 bawang putih

Rasa yang manis, pedas, dan segar membuat sambal kecap nikmat disantap dengan sate atau ikan bakar. Kamu juga bisa menyantap sambal kecap untuk makan tempe mendoan, gorengan, atau cireng. Catatan : Sambal Kecap juga bisa anda buat dengan variasi bawang merah goreng jika anda tak suka bawang merah mentah. Jeruk nipis juga optional, artinya sambal kecap bisa anda buat tanpa perasan jeruk nipis.

Langkah-langkah menyiapkan Tongkol bakar sambal kecap:
  1. Bersihkan ikan dan siapkan bumbu utk marinasi ikan dengan dihaluskan lalu ditumis.limuri ikan diamkan selama 30 menit.
  2. Membuat sambal kecap : haluskan cabe,bawang dan potong2 tomat campurkan kecap manis dan lada bubuk.sisihkan
  3. Bakar ikan sampai dagingnya matang.

Tapi saya pribadi lebih suka sentuhan rasa sedikit asam dari jeruk nipis yang menurut. Aneka resep ikan bakar bakar cita rasa pedas dengan guyuran sambal kecap sangat nikmat dimakan bersama nasi putih hangat atau langsung di makan. Biasanya sih saat pesta tahun baru cukup mantap meskipun hanya dicelupkan ke sambal kecap. yam bakar tentu saja harus dimakan pakai sambal agar lebih nikmat. Untuk itu, akan disertakan juga resep untuk membuat sambal sederhana. Langsung saja bakar Ayam Ungkep, sambil dioles dengan bumbu sisa ungkep.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Tongkol bakar sambal kecap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved