Bagaimana Menyiapkan Soto Lamongan Koya yang Lezat

Cynthia Coleman   08/11/2020 04:25

Soto Lamongan Koya
Soto Lamongan Koya

Lagi mencari ide resep soto lamongan koya yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto lamongan koya yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

soto lamongan koya spesial, cara membuat soto lamongan koya, resep rahasia soto koya, resep soto lamongan bumbu koya, soto ayam koya surabaya city east java, soto lamongan dengan koya. Resep soto ayam lamongan dengan taburan bubuk kerupuk udang koya lebih gurih. Catat resep kaki lima cara membuat bumbu soto kuah kaldu.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto lamongan koya, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan soto lamongan koya enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto lamongan koya sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Soto Lamongan Koya menggunakan 32 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Soto Lamongan Koya:
  1. Ambil 2 potong ayam ras (bagian dada)
  2. Gunakan 1 kepala dan ceker
  3. Siapkan 1 batang sereh
  4. Siapkan 2 ruas lengkuas
  5. Ambil 6 lembar daun jeruk
  6. Gunakan 2 lembar daun salam
  7. Siapkan 1 liter air (untuk kuah)
  8. Ambil 700 ml (untuk buat kaldu)
  9. Gunakan Secukupnya minyak untuk menumis
  10. Gunakan secukupnya Garam
  11. Gunakan secukupnya Gula
  12. Ambil Bumbu untuk ayam
  13. Siapkan 2 siuang bawang putih
  14. Gunakan 1 ruas kunyit (sangrai)
  15. Gunakan 1 sdt ketumbar (sangrai)
  16. Sediakan Bumbu halus kuah
  17. Ambil 5 siung bawang merah
  18. Siapkan 3 siung bawang putih
  19. Ambil 3 butir kemiri (sangrai)
  20. Ambil 1 sdt ketumbar (sangrai)
  21. Ambil 1 ruas kunyit (sangrai)
  22. Sediakan 1 ruas jahe
  23. Sediakan 1 sdt jinten
  24. Ambil Bahan koya
  25. Ambil 8 siung bawang putih
  26. Siapkan 10 buah kerupuk udang
  27. Gunakan Bahan pelengkap
  28. Gunakan 3 butir telur rebus
  29. Siapkan Kol
  30. Gunakan Daun seledri
  31. Siapkan Jeruk nipis
  32. Sediakan Kentang goreng

Cara Membuat Soto Lamongan Bumbu Koya Harum Sedap. Soto Lamongan can be served as a standard soup, but sometimes the main ingredients and the broth may be served in two separate bowls. Sekilas soto ayam Lamongan terlihat seperti soto ayam berkuah kuning biasa. Soto Lamongan ini selalu disajikan dengan bubuk berwarna kuning oranye yang disebut koya udang.

Langkah-langkah menyiapkan Soto Lamongan Koya:
  1. Bersihkan ayam. Masak air sebanyak 700 ml, setelah mendidih masukkan ayam dan bumbu ayam. Masak hingga empuk.
  2. Sambil menunggu ayam matang, haluskan bumbu soto dan tumis dengan minyak secukupnya sampai mengeluarkan aroma harum. Masukkan sereh, daun salam, lengkuas, daun jeruk. Tumis sampai tanak. Setelah itu masukkan ke dalam kaldu ayam dan tambahkan air lagi. Masak sampai bumbu meresap ke ayam. Tambahan gula dan garam koreksi rasa. Dan setelah matang angkat ayam dan siap untuk digoreng.
  3. Bahan koya. Iris bawang putih dan goreng sampai kering. Sisihkan. Goreng kerupuk udang. Haluskan bawang putih dan kerupung udang.
  4. Soto siap untuk disajikan dengan bahan pelengkapnyanya.

Soto ayam Lamongan merupakan salah satu kuliner khas Lamongan, Jawa Timur yang terkenal segar dan nikmat. Perpaduan kuah dan koya menambah cita rasa kenikmatan soto ini. Soto Lamongan berbeda dengan soto yang lain. Soto ini satu-satunya soto yang menggunakan Ingin mencoba memasak Soto Lamongan sendiri? Seperti Soto Lamongan Bubuk Koya, Special.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan soto lamongan koya yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved