Bagaimana Menyiapkan Donat Klepon yang Enak Banget

Russell Reynolds   04/07/2020 09:46

Donat Klepon
Donat Klepon

Sedang mencari inspirasi resep donat klepon yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal donat klepon yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cara membuat donat klepon anti bantat. Kali ini saya berbagi resep donat klepon yang cocok teman-teman hidangkan bersama keluarga di rumah. Tapi kok masih suka hujan aja ya??

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat klepon, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan donat klepon enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan donat klepon sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Donat Klepon memakai 11 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Donat Klepon:
  1. Gunakan 350 gr terigu cakra
  2. Ambil 7 gr ragi
  3. Siapkan 60 gr gula pasir
  4. Ambil 1 btr telur + 1 sct kara santan + air dicampur hingga 200ml
  5. Ambil 3 gr garam
  6. Ambil 50 gr mentega
  7. Ambil Topping
  8. Siapkan gula jawa
  9. Gunakan kelapa parut
  10. Sediakan sejumput garam
  11. Siapkan gula jawa cair

Bentuknya yang sama-sama bulat membuat donat menjadi pilihan untuk kreasi klepon lainnya. Klepon (pronounced Klē-pon), or kelepon, is a traditional Southeast Asian green-coloured balls of rice cake filled with liquid palm sugar and coated in grated coconut, originating from Indonesia. Mendengar nama klepon mungkin cukup asing di telinga kita. Untuk menemukan kue klepon sangatlah mudah sekali, karena hampir di setiap pasar tradisional pasti menjajakan menu satu ini.

Langkah-langkah membuat Donat Klepon:
  1. Campur kelapa parut dengan sejumput garam, aduk rata. Kukus 15 menit, sisihkan. Sisir gula merah. Untuk gula cair saya menggunakan yang sudah jadi.
  2. Siapkan bahan-bahan yang akan digunakan.
  3. Campur terigu, ragi, gula pasir. Nyalakan mixer. Masukkan campuran telur+kara+air secara perlahan. Hentikan penambahan ketika adonan sudah terlihat menyatu. Mixer hingga kalis. (adonan menyatu dan tidak lengket di mangkok mixer)
  4. Tambahkan mentega dan garam, mixer kembali hingga kalis elastis. Harus kalis elastis (jika ditarik perlahan tidak mudah sobek) agar donatnya empuk.
  5. Letakkan adonan di baskom, tutup menggunakan plastik cling biarkan mengembang hingga 2x lipat (sekitar 30-40 menit)
  6. Kempeskan adonan, bagi menjadi 13 bulatan @50gr, bulatkan. Diamkan kembali selama 10 menit sambil ditutup dengan serbet.
  7. Panaskan minyak di wajan. Tekan bulatan adonan, lubangi bagian tengahnya dengan spuit.
  8. Masukkan 2 jari telunjuk ke lubang donat sambil diputar2, masukkan ke wajan. Goreng di minyak panas, api kecil hingga kecoklatan. (cukup sekali balik, agar tidak menyerap minyak). Sisa bulatan tengah donat jangan dibuang, goreng belakangan 🤭☺️
  9. Angkat dan tiriskan minyaknya. Taburi dengan kelapa parut, gula merah sisir dan gula merah cair. Sajikan.

Klepon merupakan kuliner tardisional yang terkenal dengan citarasa legitnya. Tapi, klepon ini telah disulap jadi kuliner yang begitu memikat, namanya adalah donat klepon. Recipe: Klepon (Pandan Glutinous Rice Balls). Donat yang empuk, mengembang, anti bantet dan gagal dapat anda buat di rumah dengan mengikuti resep dan cara membuat donat berikut ini. IG: NONGKRONG BARENG CHRISTINA Kegunaan kapur sirih: membantu supaya adonan klepon menjadi lebih kenyal.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Donat Klepon yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved