Resep Sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi), Bisa Manjain Lidah

Bruce Owen   04/07/2020 12:00

Sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi)
Sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi)

Sedang mencari ide resep sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi) enak lainnya. Ikan tuna merupakan salah satu ikan favorit di keluarga saya. Udah lama enggak bikin sambal tuna suwir.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi) menggunakan 6 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi):
  1. Ambil Ikan tongkol/tuna (seadanya)
  2. Ambil 6 bj cabe rawit
  3. Sediakan 4 bj cabe merah
  4. Gunakan 1/2 buah tomat
  5. Siapkan 4 siung bawang merah
  6. Gunakan Garam, gula, penyedap

Dibanding ikan tongkol dan ikan cakalang, ikan tuna ini memiliki ukuran yang paling besar. Bahkan untuk bayinya saja bisa berukuran setara dengan ukuran ikan tongkol dan cakalang. Warna daging ikan tuna pink kemerahan dan sangat segar. Bobot bayi ikan tuna hampir sama dengan bobot ikan tongkol dan cakalang dewasa.

Langkah-langkah membuat Sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi):
  1. Siapkan bahan
  2. Goreng ikan dan bumbu
  3. Ulek bumbu dan beri garam gula dan penyedap cicip. Kalau dah ok goreng
  4. Goreng bumbu dan masukan ikan yg sudah di goreng, kalau gosong kasih air dikit agar bumbu meresap ke ikan.

Ikan tongkol memiliki ukuran paling kecil. Lihat juga resep Sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi) enak lainnya. Ikan tuna sangat mirip ikan tongkol dan hampir sama.setelah saya telusuri Memang benar bahwa ikan tongkol merupakan jenis lain dari ikan tuna Ikan cakalang. Cara Membuat Ikan Tongkol Goreng Sambal Balado yang Enak, Gurih dan Nikmat Cara Mempersiapkan Ikan Tongkol: Cara yang bisa dilakukan pertama untuk membuat masakan kali ini adalah dengan membersihkan ikan tongkol segar yang sudah anda beli dan anda persiapkan. Secara fisik, ikan tuna berukuran besar, dengan tubuh yang berat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Sambal ikan tongkol/tuna (berambang ikan banyuwangi) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved