Langkah Mudah untuk Menyiapkan Soto Ayam Bubuk Koya Anti Gagal

Josephine Barker   24/10/2020 16:17

Soto Ayam Bubuk Koya
Soto Ayam Bubuk Koya

Anda sedang mencari ide resep soto ayam bubuk koya yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto ayam bubuk koya yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam bubuk koya, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto ayam bubuk koya enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Halo Sahabat Puan, Apa kabar dipagi ini? Hari ini saya mau Share salah satu bumbu atau bubuk yang membuat Soto Ayam makin enak, yaitu BUBUK KOYA. Resep soto ayam dan cara membuatnya dengan mudah, kamu bisa lakukan sendiri di rumah dan rasanya lezat asal kamu ikuti langkahnya dengan baik dan benar.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan soto ayam bubuk koya sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Soto Ayam Bubuk Koya memakai 15 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Soto Ayam Bubuk Koya:
  1. Ambil 1 kg ayam potong
  2. Ambil 7 lembar daun jeruk
  3. Ambil 3 batang sereh, geprek
  4. Siapkan 2 cm lengkuas, geprek
  5. Ambil Bumbu yang di haluskan
  6. Sediakan 5 cm kunyit (u, kecil)
  7. Siapkan 3 cm jahe
  8. Siapkan 7 butir kemiri
  9. Gunakan 15 siung bawang merah
  10. Siapkan 10 siung bawang putih
  11. Ambil Secukupnya minyak goreng, garam, lada bubuk
  12. Siapkan Secukupnya kaldu bubuk, gula pasir
  13. Siapkan Pelengkap, kerupuk udang, telur rebus, toge, soun, daun bawang
  14. Sediakan Pelengkap, seledri, jeruk nipis, bawang goreng
  15. Gunakan Pelengkap, sambal, bubuk koya

Taunya sih merek mie instant rasa soto koya. Tapi tahu nggak, kalau koya itu dari apa buatnya. Kalau kamu pernah makan soto Lamongan, pasti nggak asing dengan yang namanya bubuk koya. Bubuk atau serbuk yang biasa dipakai sebagai taburan ini jadi ciri khas tersendiri karena menambah.

Cara menyiapkan Soto Ayam Bubuk Koya:
  1. Siapkan bahannya
  2. Didihkan air, masukkan ayam, biarkan selama 5 menit, angkat ayamnya, sisihkan, buang airnya, didihkan air buat kuah
  3. Blender bumbu soto, kunyit, jahe, kemiri, bawang merah, bawang putih
  4. Tumis bumbu yang telah di haluskan aduk rata, biarkan sampai bumbu matang, masukkan ayamnya, biarkan sampai bumbu meresap, lalu masukkan kedalam air kuah soto, tambahkan, garam, lada bubuk, kaldu bubuk, gula pasir, masak sampai ayam empuk, angkat ayamnya
  5. Goreng ayam, angkat tiriskan
  6. Bahan bubuk koya, kerupuk udang, bawang putih goreng, ulek
  7. Bahan sambal, cabe, kemiri, bawang putih, daun jeruk, goreng bahan sambal, angkat, ulek
  8. Penyajian soto, dalam mangkok saji tata (soun, toge yang sudah di rendam air panas), daun bawang, seledri, ayam, tuang kuah, bawang goreng, bubuk koya, telur, jeruk nipis, sambal

Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu. Soto ayam banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia dan Singapura. Soto ayam Lamongan merupakan salah satu soto khas Jawa Timur yang populer. Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual menggunakan gerobak.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Soto Ayam Bubuk Koya yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved