Bagaimana Menyiapkan Sambel tongkol, Enak Banget

Johanna Schultz   16/12/2020 01:41

Sambel tongkol
Sambel tongkol

Anda sedang mencari inspirasi resep sambel tongkol yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambel tongkol yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sambal Tongkol home made oleh Bu Tini. Salah satu tipe masakan yang bisa disimpan sebagai stok di freezer. Lihat juga resep Nasi goreng ikan tongkol crunchy enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambel tongkol, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sambel tongkol yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sambel tongkol yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambel tongkol menggunakan 13 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sambel tongkol:
  1. Gunakan Bahan uleg
  2. Sediakan 5 siung bamer
  3. Ambil 3 siung baput
  4. Gunakan 8 buah tomat
  5. Siapkan 20 buah cabe rawit
  6. Siapkan Bahan 2
  7. Sediakan Ikan tongkol atau pindang
  8. Ambil Minyak untuk menggoreng
  9. Ambil Garam
  10. Sediakan Penyedap rasa
  11. Siapkan secukupnya Gula merah
  12. Siapkan 1 gelas Air
  13. Gunakan secukupnya Kemangi

Ikan tongkol punya nama latin Euthynnus affinis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Harga Ikan Tongkol - Salah satu kebutuhan manusia yang paling dasar selain skamung, papan, adalah pangan. Makan bukan hanya sekedar kegiatan mengunyah makanan untuk kemudian.

Langkah-langkah menyiapkan Sambel tongkol:
  1. Potong dan bersihkan ikan
  2. Goreng sampe agak kering optional ya
  3. Uleg bumbu halus dan panaskan minyak
  4. Tumis bumbu dan tunggu sampe wangi dan siram air 1 gelas bumbui dengan garam penywdap dan gula
  5. Masukkan ikan dan aduk rata tes rasa dan siap di santap

IKAN TONGKOL Ikan tongkol punya nama latin Euthynnus affinis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Sambal ikan tongkol ini dapat langsung dimakan tanpa menggunakan nasi ataupun makanan yang lainnya, karena ikan tongkol saja cukup untuk menjadi santapan. Banyak yang mengira ikan tuna, tongkol, dan cakalang adalah jenis ikan yang sama dengan sebutan yang berbeda. Resep Gulai Ikan Tongkol, Sederhana tetapi Kaya Rasa.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambel tongkol yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved