Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sambel tongkol, Enak Banget

Alice Luna   25/06/2020 12:05

Sambel tongkol
Sambel tongkol

Anda sedang mencari ide resep sambel tongkol yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambel tongkol yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambel tongkol, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambel tongkol enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Sambal Tongkol home made oleh Bu Tini. Salah satu tipe masakan yang bisa disimpan sebagai stok di freezer. Lihat juga resep Nasi goreng ikan tongkol crunchy enak lainnya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambel tongkol yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambel tongkol memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sambel tongkol:
  1. Siapkan Tongkol, beli ditukang sayur sudah dipotong
  2. Ambil Minyak goreng
  3. Sediakan Bumbu halus
  4. Sediakan 5 buah bawang merah
  5. Siapkan 5 buah bawang putih
  6. Sediakan 10 buah cabe keriting
  7. Sediakan 2 buah tomat merah
  8. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  9. Gunakan secukupnya Gula jawa
  10. Siapkan secukupnya Gula pasir
  11. Gunakan secukupnya Garam
  12. Gunakan secukupnya Penyedap rasa

Ikan tongkol punya nama latin Euthynnus affinis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Harga Ikan Tongkol - Salah satu kebutuhan manusia yang paling dasar selain skamung, papan, adalah pangan. Makan bukan hanya sekedar kegiatan mengunyah makanan untuk kemudian.

Langkah-langkah membuat Sambel tongkol:
  1. Tongkol dipotong lalu digoreng, jangan sampai kering. Tips supaya tongkol tidak meletup2 sebelum dipanaskan minyak terlebih dahuku ditaburi tepung terigu.
  2. Sambil menunggu tongkol kita haluskan bumbu..
  3. Kemudian panaskan minyak tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai matang lalu tambahkan gula jawa, gula pasir, garam, dan penyedap rasa
  4. Kemudian tambahkan air secukupnya sampai bumbu benar2 matang
  5. Kemudian masukkan tongkol yang sudah digoreng, aduk2 sampai bumbu tercampur rata, jangan lupa dicicipi..
  6. Selamat mencoba…

IKAN TONGKOL Ikan tongkol punya nama latin Euthynnus affinis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan samudera Pasifik, tak terkecuali di Indonesia dan negara ASEAN lainnya. Sambal ikan tongkol ini dapat langsung dimakan tanpa menggunakan nasi ataupun makanan yang lainnya, karena ikan tongkol saja cukup untuk menjadi santapan. Banyak yang mengira ikan tuna, tongkol, dan cakalang adalah jenis ikan yang sama dengan sebutan yang berbeda. Resep Gulai Ikan Tongkol, Sederhana tetapi Kaya Rasa.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambel tongkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved