Resep Putu Mayang siram Kinca, Bisa Manjain Lidah

Rosalie Fuller   08/08/2020 03:30

Putu Mayang siram Kinca
Putu Mayang siram Kinca

Sedang mencari ide resep putu mayang siram kinca yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal putu mayang siram kinca yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari putu mayang siram kinca, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan putu mayang siram kinca yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Kue putu mayang (Javanese: ꦥꦸꦠꦸꦩꦪꦁ, romanized: putu mayang) is an Indonesian string hopper dish made of starch or rice flour and coconut milk, then shaped like noodles. This noodle-like dish served with kinca (liquid palm sugar) in Betawi and Javanese cuisine, or with chutney or curry in Indian Indonesian cuisine. Wilton food… Untuk kinca saya pakai gula aren + sedikit air kemudian direbus hingga gula larut dan mengental.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat putu mayang siram kinca yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Putu Mayang siram Kinca memakai 14 jenis bahan dan 16 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Putu Mayang siram Kinca:
  1. Siapkan 100 gr tepung beras
  2. Ambil 1,5 sdm tepung tapioka
  3. Sediakan 1 sachet Santan kara 65 ml
  4. Gunakan 1/4 sdt garam
  5. Sediakan 2 sdm gula pasir
  6. Sediakan 250 ml air
  7. Siapkan Bahan Kinca :
  8. Siapkan 1 sachet santan kara 65 m
  9. Sediakan 75 gr gula merah
  10. Sediakan 4 sdm gula pasir
  11. Sediakan 1 lembar pandan
  12. Siapkan Sejumput garam
  13. Siapkan 1 sdm maizena
  14. Sediakan 500 ml air

Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Akan tetapi, asal mula kue ini mungkin terkait dengan kue putu mayam yang berasal dari India Selatan. Buat Kuah Kinca, dengan campurkan semua bahan kuah kinca.

Cara membuat Putu Mayang siram Kinca:
  1. Siapkan panci, masukkan semua bahan putu mayang kecuali tepung tapiokan, aduk aduk hingga tercampur rata dan rebus dengab api kecil sambil diaduk aduk terus hingga mengental
  2. Setelah mengental matikan kompor dan dinginkan adonan
  3. Sambil menunggu adonan dingin, siapkan alas boleh kertas ato daun pisang ukuran 4 x 5 cm
  4. Setelah adonan agak dingin campurkan tepung tapioka dan aduk aduk hingga merata
  5. Kemudian bagi adonan menjadi 2
  6. Masukkan adonan putih kedalam plasti segitiga
  7. Tambahkan 2-3 tetes pasta pandan, aduk hingga merata dan masukkan dalam plastik segitiga
  8. Sambil membentuk kita panaskan kukusan dulu ya mom
  9. Potong bagian ujungnya dan tali bagian atasnya
  10. Tekan plastik sambil bentuk bunga memutar suka suka dan menumpuk ya mom, lakukan ulang hingga adonan putih habis dan masukkan kukusan
  11. Kemudian bentuk adonan hijau dan kukus hingga matang, kurleb 10-15 min
  12. Cara membuat kinca : ambil panci dan masukkan semua bahan kinca kecuali tepung maizena, aduk hingga merata dan rebus menggunakan api kecil hingga mendidih
  13. Saring kinca supaya kotoran dari gula merah hilang dan masukkan lagi dalam panci nyalakan api kecil
  14. Masukkan maizena yang sudah dilarutkan dalam air, rebus hingga mengental dan matikan kompor
  15. Putu mayang siap disajikan
  16. Semoga bisa jadi ide menu buka puasa ya mom 😍🙏

Masak dengan api sedang, aduk hingga mendidih. Jika putu mayang sudah matang, dinginkan. Tata putu mayang di atas mangkuk dan siram dengan kuah kinca. Resep cara membuat putu mayang, salah satu kue tradisional yang sudah sangat jarang. Padahal rasanya itu enak dan lembut, bisa bikin ketagihan.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Putu Mayang siram Kinca yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved