Cara Gampang Membuat Tongkol suwir sambal matah yang Bikin Ngiler

Gabriel Sherman   24/10/2020 09:06

Tongkol suwir sambal matah
Tongkol suwir sambal matah

Lagi mencari inspirasi resep tongkol suwir sambal matah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol suwir sambal matah yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol suwir sambal matah, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan tongkol suwir sambal matah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Tongkol Suwir Sambal Matah enak lainnya. Tongkol Suwir Sambal Matah Ada sisa ikan bakar tadi malam, pengen beda jadi buat pake sambel matah. Tapi ini sambal matahnya di tumis karen aku nggak terlalu suka sambal matah yang disiram minyak aja, seret di tenggorokan jd aku masaknya semacam di tumis tp rasanya tetap enduuulll doonggg.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan tongkol suwir sambal matah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Tongkol suwir sambal matah memakai 11 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tongkol suwir sambal matah:
  1. Siapkan 250 gram ikan tongkol
  2. Siapkan 1 buah Cabe kriting
  3. Siapkan 7 buah Cabe setaaan
  4. Sediakan 1 batang sereh (putih nya aja)
  5. Ambil Jeruk limau
  6. Ambil Daun jeruk hilangkan tulang daunnya
  7. Gunakan Bawang merah
  8. Ambil Minyak panas
  9. Gunakan Garam
  10. Sediakan Gula pasir
  11. Ambil Penyedap (saya pakek royco)

Sajian ini cocok bagi anda yang ingin menyantap ikan bebas ribet, tanpa harus memisahkan antara daging dengan durinya. Kukuslah ikan tongkol segar hingga matang dan mudah untuk disuwir dagingnya. Selanjutnya ikan suwir akan ditumis dengan racikan bumbu hingga matang dan mengering. Pastikan untuk selalu mengaduk-aduk saat memasaknya supaya tidak gosong.

Cara menyiapkan Tongkol suwir sambal matah:
  1. Goreng ikan tongkol sampai matang (bumbui pakai royco aja atau garem aja)
  2. Suwir ikan tongkol sesuai selera
  3. Potong semua bahan sambel matah: cabe kriting, cabe setan, sereh, daun jeruk, jeruk limau
  4. Lalu masukan semua bahan smbah matah ke wadah kemudian aduk sampai tercampur, masukan garem, gula, royco..kemudian siramkan minyak panas lalu penyet2.
  5. Campurkan suwiran ikan tongkol dengan sambel matah…sajikan dengan nasi panas uuhhhh endulllll

Cara Membuat Ikan Tongkol Balado Suwir: Untuk membuat ikan tongkol suwir, pertama setelah ikan didiamkan selama waktu yang telah ditentukan, silahkan panaskan minyak dalam wajan. Lalu goreng ikan tongkol kedalamya hingga berwarna keemasan, namun perhatikan jangan sampai bagian dalam yakni bagian daging ikan menjadi kering. TONGKOL SUWIR SAMBAH MATAH By @deviirwantari Ada di buku resep sy yang pertama MenuRumahanAlaDeviIrwantari. Episode masak kali ini miss yzmalicious sharing salah satu olahan ikan tongkol yaitu Tongkol Suwir Sambal Matah Kecombrang! Berita Tongkol suwir - Rasa tongkol berpadu sambal matah jadi lauk yang nikmat disajikan bersama nasi putih hangat.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Tongkol suwir sambal matah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved