Cara Gampang Membuat Putu Mayang Anti Gagal

Matilda Black   16/12/2020 22:00

Putu Mayang
Putu Mayang

Lagi mencari inspirasi resep putu mayang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal putu mayang yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Kue putu mayang (Javanese: ꦥꦸꦠꦸꦩꦪꦁ, romanized: putu mayang) is an Indonesian string hopper dish made of starch or rice flour and coconut milk, then shaped like noodles. This noodle-like dish served with kinca (liquid palm sugar) in Betawi and Javanese cuisine, or with chutney or curry in Indian Indonesian cuisine. See also Traditionally, putu mayam is served on a banana leaf, for easier consumption.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari putu mayang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan putu mayang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan putu mayang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Putu Mayang memakai 10 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Putu Mayang:
  1. Gunakan 50 gram tepung beras
  2. Gunakan 65-75 ml santan kental
  3. Ambil 1 lembar daun pandan
  4. Sediakan Sejumput garam
  5. Sediakan Bahan Kinca
  6. Sediakan 35 gram gula merah
  7. Siapkan 75 ml air
  8. Ambil 1/2-3/4 sdt tapioka + 25 ml air
  9. Ambil 1 lembar daun pandan
  10. Gunakan Sejumput garam

Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Akan tetapi, asal mula kue ini mungkin terkait dengan kue putu mayam yang berasal dari India Selatan. Bentuknya yang unik seperti mie dan beraneka ragam warna sehingga semakin terlihat menarik dan menggugah selera.

Langkah-langkah menyiapkan Putu Mayang:
  1. Taruh tepung beras di mangkuk.
  2. Didihkan santan, pandan, garam, tuang ke wadah tepung beras, aduk. Bagi 3, beri warna hijau dan merah.
  3. Masukkan dlm plastik segitiga, gunting ujungnya, bentuk2, kukus sampai matang.
  4. Kinca: masukkan semua bahan, masak sampai mendidih, angkat (lupa foto)

Putu mayang Cara Membuat Putu Mayang. Balik lagi bersama bang sobat, kali ini bang sobat bakal kasih tau resep cara membuat Putu mayang, Putu mayang ini dijamin rasanya kenyal, legit, gak keras, dan kuah nya juga ok banget, gurih, manis, pokonya mantep. In Indonesia, putu mayam is called Putu mayang and is served with palm sugar mixed with coconut milk. This dish may be eaten for breakfast with a vegetable stew or aviyal, or a fish curry, etc. The same liking for serving the slightly sweet putu mayam, putu piring, or cendol with savoury dishes also occurs in Malaysia and Singapore.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan putu mayang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved