Resep Putu Mayang, Sempurna

Nelle Phillips   18/12/2020 00:05

Putu Mayang
Putu Mayang

Anda sedang mencari inspirasi resep putu mayang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal putu mayang yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari putu mayang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan putu mayang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Kue putu mayang (Javanese: ꦥꦸꦠꦸꦩꦪꦁ, romanized: putu mayang) is an Indonesian string hopper dish made of starch or rice flour and coconut milk, then shaped like noodles. This noodle-like dish served with kinca (liquid palm sugar) in Betawi and Javanese cuisine, or with chutney or curry in Indian Indonesian cuisine. See also Traditionally, putu mayam is served on a banana leaf, for easier consumption.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat putu mayang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Putu Mayang menggunakan 13 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Putu Mayang:
  1. Gunakan 500 ml Santan
  2. Sediakan 250 gr Tepung Beras
  3. Sediakan 100 gr Tepung Tapioka
  4. Siapkan 2 sdm Gula pasir
  5. Siapkan secukupnya Garam
  6. Sediakan 1/2 sdt Pewarna merah
  7. Siapkan 1/2 sdt Pewarna hijau
  8. Siapkan Bahan Kinca:
  9. Gunakan 500 ml Santan
  10. Gunakan 150 gr Gula Jawa
  11. Ambil 50 gr Gula pasir
  12. Siapkan 1 lbr Daun pandan
  13. Siapkan 1 sdm Tepung Maizena

Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair. Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Akan tetapi, asal mula kue ini mungkin terkait dengan kue putu mayam yang berasal dari India Selatan. Bentuknya yang unik seperti mie dan beraneka ragam warna sehingga semakin terlihat menarik dan menggugah selera.

Langkah-langkah menyiapkan Putu Mayang:
  1. Siapkan semua bahan² putu mayang
  2. Masukkan 500ml santan, tepung beras, 2 sdm gula pasir dan garam secukupnya. Aduk hingga menyatu dan rata.
  3. Setelah adonan menyatu, panaskan di atas api kecil dan aduk hingga santan mengental. Tunggu sampai adonan dingin, tambahkan tepung tapioka dan aduk hingga merata.
  4. Pisahkan adonan menjadi 3 bagian. Adonan pertama diberi ½ sdt pewarna merah. Adonan ke 2 diberi ½ sdt pewarna hijau. Adonan ke 3 dibiarkan berwarna putih. Aduk masing² adonan berwarna merah dan hijau hingga menyatu dan rata.
  5. Masukkan adonan ke dalam plastik, ikat rapat dan gunting bagian ujungnya. Lakukan utk semua adonan (warna merah, hijau dan putih).
  6. Siapkan loyang yg sdh diolesi minyak goreng. Ambil adonan merah dan buat pola seperti kerupuk di atas loyang. Kukus adonan selama 15 menit dan lalukan berulang utk semua adonan hingga semua adonan terbentuk.
  7. Tiriskan dan dinginkan putu mayang yg sdh jadi.
  8. Sambil menunggu dingin, kita membuat kuah kinca. Campurkan 500 ml santan, gula jawa, gula pasir dan pandan. Rebus dgn api kecil sambil diaduk hingga bercampur merata. Jika sdh tercampur, angkat dan saring kuah kinca.
  9. Kuah kinca yg sdh disaring ditambah 1 sdm tepung maizena yg sdh dilarutkan dgn sedikit air. Rebus kembali sebentar hingga kuah mengental.
  10. Sajikan putu mayang dengan disiram kuah kinca. Selamat mencoba ya.. 😊

Putu mayang Cara Membuat Putu Mayang. Balik lagi bersama bang sobat, kali ini bang sobat bakal kasih tau resep cara membuat Putu mayang, Putu mayang ini dijamin rasanya kenyal, legit, gak keras, dan kuah nya juga ok banget, gurih, manis, pokonya mantep. In Indonesia, putu mayam is called Putu mayang and is served with palm sugar mixed with coconut milk. This dish may be eaten for breakfast with a vegetable stew or aviyal, or a fish curry, etc. The same liking for serving the slightly sweet putu mayam, putu piring, or cendol with savoury dishes also occurs in Malaysia and Singapore.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat putu mayang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved