Resep Pertulo atau Putu Mayang yang Sempurna

Harvey Buchanan   21/08/2020 19:34

Pertulo atau Putu Mayang
Pertulo atau Putu Mayang

Anda sedang mencari ide resep pertulo atau putu mayang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pertulo atau putu mayang yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pertulo atau putu mayang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan pertulo atau putu mayang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Sementara putu mayang adalah petulo versi Jawa yang biasa di hidangkan kering atau berkuah bentuknya seperti gethuk lindri yang di gulung Ini dia resep petulo atau putu mayang sederhana enak. Dalam video kali ini saya akan memberikan resep kreasi putu mayang atau patulo diadaerah jember dikenalnya. Untuk membuat putu mayang sangatlah mudah dan.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan pertulo atau putu mayang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Pertulo atau Putu Mayang menggunakan 13 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Pertulo atau Putu Mayang:
  1. Gunakan 200 gr Tepung Beras
  2. Gunakan 50 gr Tepung Tapioka
  3. Ambil 300 ml Santan (kental sedang)
  4. Ambil 1/2 sdt Garam
  5. Ambil Pewarna makanan
  6. Sediakan secukupnya Daun pisang
  7. Gunakan Bahan kuah gula merah :
  8. Siapkan 225 gr Gula merah
  9. Ambil 3 sdm Gula Pasir
  10. Siapkan 500 ml Santan
  11. Siapkan 1/2 sdt Garam
  12. Gunakan 1 sdm Tepung Maizena
  13. Ambil secukupnya Daun pandan

Untuk membuat putu mayang Anda harus menyiapkan beberapa bahan. Tidak perlu khawatir karena bahan bahan ini sangat mudah untuk ditemukan Rasanya tak lengkap jika menyantap putu mayang tanpa menggunakan saus tambahan untuk penyedapnya. Kue putu mayang dan petulo cenderung mirip baik dari segi rasa maupun bentuk. Apa saja perbedaan kue dari Betawi dan Jawa Timur ini?

Langkah-langkah membuat Pertulo atau Putu Mayang:
  1. Campurkan tepung beras, garam dan santan sambil diaduk² hingga tepung beras larut.
  2. Rebus tepung beras dengan api kecil. Aduk terus dengan sendok kayu hingga mengental. Matikan api.
  3. Masukkan tapioka, aduk rata hingga kalis.
  4. Bagi menjadi 4 bagian yg sama, beri pewarna sesuai selera.
  5. Masukkan ke dalam plastik segitiga. Potong ujung plastik, lalu pencet di atas daun pisang yg sudah diolesi minyak. Lakukan hingga adonan habis.
  6. Panaskan kukusan, kemudian kukus putu mayang selama ± 10 menit dengan api sedang. Angkat dan sajikan dengan kuah gula merah.
  7. Cara membuat kuah gula merah: Campur santan, gula merah, gula pasir, garam serta pandan. Rebus dengan api sedang hingga mendidih. Lalu tuangkan maizena yg sudah dilarutkan dengan air, aduk² hingga mendidih dan kental.

Biasanya kue putu mayang dibuat menyerupai rambut yang digulung-gulung. Sementara petulo cenderung mirip dengan rol. Meski tanpa cetakan, hasilnya itu tetap cantik menarik. Resep cara membuat putu mayang, salah satu kue tradisional yang sudah sangat jarang. Padahal rasanya itu enak dan lembut, bisa bikin ketagihan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat pertulo atau putu mayang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved