Bagaimana Membuat Opor Ayam Kampung Palembang Anti Gagal

Elizabeth Warner   30/09/2020 14:14

Opor Ayam Kampung Palembang
Opor Ayam Kampung Palembang

Sedang mencari inspirasi resep opor ayam kampung palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam kampung palembang yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kampung palembang, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam kampung palembang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Untuk opor ayam kampung tentu bahan utamanya adalah ayam kampung, jadi bukan ayam putih. Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai karena rasanya yang bisa memadu dengan opor ayam dan bisa membuatnya semakin nikmat. OPOR AYAM PALEMBANG Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Sajian Opor menjadi Menu Wajib di setiap keluarga.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat opor ayam kampung palembang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam Kampung Palembang memakai 26 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Opor Ayam Kampung Palembang:
  1. Siapkan Bahan:
  2. Sediakan 1/2 ekor ayam kampung, potong2
  3. Siapkan 1 buah kentang
  4. Gunakan 1 buah nanas uk kecil, potong2 & diparut
  5. Sediakan 500 ml santal kental
  6. Sediakan 6 lembar daun jeruk
  7. Siapkan 3 lembar daun salam
  8. Gunakan 1 buah serai
  9. Sediakan 1 buah ruas lengkuas, belah dan geprek
  10. Siapkan garam secukup nya
  11. Sediakan gula pasir secukup nya
  12. Gunakan minyak goreng secukup nya
  13. Gunakan 1 ltr air
  14. Siapkan bawang goreng secukup nya
  15. Ambil Bahan Halus:
  16. Siapkan 7 siung bawang putih
  17. Sediakan 6 siung bawang merah
  18. Sediakan 4 buah kemiri
  19. Sediakan 1/2 sdt ketumbar
  20. Ambil 1/2 sdt jinten
  21. Ambil 1 rus kecil jahe
  22. Ambil 1 sdm lada bubuk
  23. Sediakan Bahan Pelengkap
  24. Gunakan Ketupat/lontong
  25. Gunakan Kerupuk
  26. Siapkan Sambal merah

Opor ayam ialah hidangan ayam berkuah santan, dan biasanya dinikmati bersama lontong atau ketupat. Hidangan opor biasanya terbuat dari daging ayam dan Ayam kampung memang sekilas mirip ayam jantan. Ayam kampung asli biasanya memiliki badan lebih ramping dan memanjang. Opor ayam kampung. ayam, Bawang merah, Bawang putih, Kemiri sangrai, Ketumbar, Lada bubuk, Jintan, Kunyit bakar.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Kampung Palembang:
  1. Bersihkan ayam dan potong2 menjadi bagian kecil/sedang (tergantung uk ayam).
  2. Kupas kentang, bersihkan lalu potong2. Panaskan minyak, goreng kentang hingga setangah matang, angkat.
  3. Siapkan minyak kembali, panaskan. Tumis semua bumbu yang dihaluskan sampai wangi. Tambahkan garam dan gula secukup nya. Masukkan daun2, serai dan lengkuas, lalu tumis kembali.
  4. Setelah wangi, masukkan air masak hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan ayam, aduk sesekali. Diamkan hingga air agak menyusut dan tambahkan kentang serta nanas parut. Masak kembali.
  5. Masukkan santan, aduk pelan2 supaya santan tidak pecah sampai mendidih. Kalau sudah mendidih kecilkan api.
  6. Masak ayam dan santan sampai mengental, aduk sesekali pelan2 sambil dicek ayam sudah empuk atau belum dan cek rasa, kalau ayam belum empuk tambahkan air panas, masak kembali lalu tambahkan potongan nanas. Koreksi rasa kembali jika sudah empuk ayam nya taburkan bawang goreng dan sajikan dengan bahan pelengkap.

Opor Ayam Kampung Kuning. ayam potong potong cuci bersih, daun jeruk, daun salam, serai simpulkan, lengkuas geprek, air, santan kental saya pakai kara instant, Garam. Chicken Opor With Pineapple Specific Food From Palembang. Opor ayam kampung selalu jadi kesukaan semua anggota keluarga. Sajikan hidangan klasik yang lezat ini sebagai menu andalan di Hari Raya. Tak ada yang bisa menolak godaan opor ayam kampung yang gurih dan kaya rasa.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan opor ayam kampung palembang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved