Bagaimana Menyiapkan Sambal goreng kentang ati ampela yang Bisa Manjain Lidah

Charlotte Vaughn   09/09/2020 11:45

Sambal goreng kentang ati ampela
Sambal goreng kentang ati ampela

Lagi mencari inspirasi resep sambal goreng kentang ati ampela yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal goreng kentang ati ampela yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambal goreng kentang ati ampela, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sambal goreng kentang ati ampela enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Rasa Sayange - Sambal Goreng Kentang Ati Ampela. Sambal goreng ati ampela pedas. foto: Instagram/@doctordailykitchen. Menu sambal goreng kentang merupakan sebuah sajian yang sangat spesial dan mantap untuk dinikmati.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sambal goreng kentang ati ampela sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sambal goreng kentang ati ampela menggunakan 16 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sambal goreng kentang ati ampela:
  1. Siapkan 2 buah kentang ukuran sedang
  2. Gunakan 3 pasang ati ampela
  3. Ambil 2 siung bawang putih
  4. Siapkan 4 siung bawang merah
  5. Siapkan 3 buah cabe merah besar
  6. Ambil Cabe rawit (opsional) saya skip, buat anak kecil 😄
  7. Siapkan Santan kara
  8. Siapkan secukupnya Air
  9. Ambil 1 ruas lengkuas
  10. Sediakan 1 ruas jahe
  11. Gunakan Daun salam
  12. Sediakan Daun jeruk
  13. Ambil secukupnya Gula
  14. Gunakan secukupnya Garam
  15. Gunakan secukupnya Merica
  16. Ambil 2 sendok makan kecap manis

Masukkan kentang dan potongan ati ampela, aduk rata. Sambal Goreng Kentang Ati Ampela siap disajikan. Lihat juga resep Sambal Kentang Hati Sapi enak lainnya. Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu yang dihaluskan, setelah itu masukkan irisan cabai, ati, ampela, tempe, kentang, dan yang terakhir pete.

Langkah-langkah membuat Sambal goreng kentang ati ampela:
  1. Kupas kentang, potong dadu. Goreng sebentar, sisihkan.
  2. Rebus ati ampela, potong dadu.
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, Iris cabe merah kemudian tumis. Tambahkan garam, merica, gula. Masukkan kentang dan ati ampela, tambahkan santan, kecap manis dan air tunggu sedikit mengental, koreksi rasa. Hidangkan dengan nasi. Sedaap

Sambal goreng kentang kini sudah siap untuk dihidangkan, lebih pas bila ditaburi bawang goreng. Jadilah sudah artikel sambal goreng ati ampela petai, jadi seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa campurannya bisa menyesuaikan dengan selera keluarga. Sambal Goreng Ati Ampela adalah salah satu masakan khas Indonesia yang sangat digemari banyak kalangan. Perpaduan antara kentang, ati, ampela, dan rasa pedas cocok dijadikan pendamping berbagai menu santap siang bersama keluarga di rumah. Sambal Goreng Kentang Hati juga sering menjadi pelengkap Nasi Tumpeng atau Nasi Kuning bersama lauk lainnya seperti Kering Tempe, Perkedel Bagi anda yang ingin mencoba variasi lain Sambal Goreng Kentang Hati dengan telur puyuh, silahkan lihat resep Sambal Goreng Campur.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sambal goreng kentang ati ampela yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved