Resep Sayur Tempe Lombok Ijo khas Gunungkidul Anti Gagal

Ryan Patterson   02/09/2020 07:05

Sayur Tempe Lombok Ijo khas Gunungkidul
Sayur Tempe Lombok Ijo khas Gunungkidul

Lagi mencari ide resep sayur tempe lombok ijo khas gunungkidul yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur tempe lombok ijo khas gunungkidul yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur tempe lombok ijo khas gunungkidul, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sayur tempe lombok ijo khas gunungkidul enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Setiap keluarga yang berkunjung, bila hidangan nasi disajikan maka jangan lombok ijo menjadi teman sayur yang wajib. "Sayur jangan lombok ijo khas Gunungkidul. Sayur Lombok Ijo Khas Gunung Kidul. Cabai hijau diiris tipis-tipis, tempe juga dipotong-potong kecil memanjang atau segi empat tipis, lantas mereka dimasak dengan santan. (Ilustrasi Foto: destinesiakuliner.blogspot.co.id) Tak perlu khawatir kalau anda tidak terlalu suka pedas.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur tempe lombok ijo khas gunungkidul yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Tempe Lombok Ijo khas Gunungkidul memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur Tempe Lombok Ijo khas Gunungkidul:
  1. Gunakan 1 papan tempe
  2. Gunakan 9 buah cabai hijau (sesuai selera)
  3. Gunakan Secukupnya pete
  4. Siapkan 500 ml santan (2gelas)
  5. Sediakan secukupnya Gula jawa/pasir
  6. Gunakan Bumbu halus (optional, bisa diiris)
  7. Siapkan 3 siung bawang putih
  8. Gunakan 5 siung bawang merah
  9. Ambil 2 butir kemiri
  10. Ambil Secukupnya garam
  11. Siapkan Tambahan
  12. Ambil 3 cm lengkuas geprek
  13. Sediakan 2 daun salam
  14. Gunakan 1 sdm ebi

Lihat juga resep Sayur Lombok ijo khas Gunungkidul enak lainnya. Video kali ini saya akan share resep sayur tempe lombok ijo khas wonosar. Biasa juga disebut sayur lombok ijo atau jangan ndeso. Terima kasih sudah berkunjung ke Channel kami.

Cara membuat Sayur Tempe Lombok Ijo khas Gunungkidul:
  1. Potong tempe dan cabai. Jika bumbu ingin diiris, bisa diiris tipis.
  2. Tumis bumbu, masukkan lengkuas geprek. Tambahkan cabai hijau.
  3. Beri santan. Tunggu sebentar hingga agak panas, masukkan tempe. Lalu tambahkan ebi, pete, dan daun salam. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk lalu koreksi rasa. Pastikan api sedang.
  4. Aduk-aduk cukup sering sampai mendidih agar santan tidak pecah. Kira2 5-10menit sejak tempe dimasukkan, sayur siap disajikan!😊
  5. Note : jika ingin tidak terlalu berminyak, santan bisa dipanaskan terlebih dahulu (api sedang), lalu masukkan bumbu halus, laos, cabai, ebi, pete, daun salam dan tempe. Beri gula, garam, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa. Tunggu hingga tempe matang sambil diaduk agar santan tidak pecah.

Sayur tempe tahu cabe/lombok hijau ini biasa disebut 'jangan ndeso' atau sayur desa. Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah. Gurih santan dan pedas dari cabe hijau membuat hidangan yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah. Tapi sebenarnya resepnya sangat mudah lho, anda bisa membuatnya. Yang khas dari warung ini ya jangan (sayur) lombok ijonya itu…., yang kemudian saya reka-reka biarpun gak mirip dengan bikinannya mbah nJirak, tapi rasanya oke juga tuh….

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur tempe lombok ijo khas gunungkidul yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved