Bagaimana Membuat Sambal Goreng Kentang Ati Ampela Anti Gagal

Claudia Bailey   26/10/2020 19:49

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela
Sambal Goreng Kentang Ati Ampela

Sedang mencari inspirasi resep sambal goreng kentang ati ampela yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal goreng kentang ati ampela yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal goreng kentang ati ampela, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sambal goreng kentang ati ampela yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

SAMBEL GORENG KENTANG AMPELA ATI Buat temen nasi uduk dihari ultahku besok #kreasisantan. Lihat juga resep Sambal Goreng Ati Rempelo, Kentang & Pete ala Tiger Kitchen enak lainnya. Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela ini memang pas sebagai menu di hari raya Lebaran ataupun untuk acara keluarga.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sambal goreng kentang ati ampela yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal Goreng Kentang Ati Ampela memakai 16 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sambal Goreng Kentang Ati Ampela:
  1. Sediakan 2 buah kentang, potong dadu
  2. Sediakan 1/4 kg ati rempela
  3. Ambil 2 lembar daun jeruk
  4. Siapkan 1 cm jahe geprek
  5. Ambil 1 cm lengkuas geprek
  6. Gunakan Secukupnya gula merah
  7. Sediakan Secukupnya Lada bubuk
  8. Ambil Secukupnya kaldu bubuk
  9. Gunakan 1 sdm Kecap pedas
  10. Gunakan Bumbu halus
  11. Ambil 5 siung bawang merah
  12. Sediakan 3 siung bawang putih
  13. Sediakan 10 buah cabe rawit (kalo suka pedes)
  14. Ambil 2 buah cabe merah besar (bisa direbus dulu)
  15. Gunakan 5 buah cabe keriting
  16. Siapkan 2 kemiri

Sambal goreng ati ampela seakan sudah menjadi tradisi yang turun temurun bagi masyarakat Jawa dan sekitarnya. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti kentang goreng dan pete. Jika semua bahan sudah matang kamu bisa langsung menyajikannya hangat-hangat. Sambal goreng ati ampela bisa disajikan dengan ketupat.

Cara menyiapkan Sambal Goreng Kentang Ati Ampela:
  1. Siapkan bahan, Goreng kentang, dan ati ampela sebentar, lalu tiriskan
  2. Tumis bumbu halus,masukan jahe, lengkuas, dan daun jeruk, tumis hingga harum. Tambahkan secukupnya garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk.
  3. Tambhkan gula merah, dan kecap pedas, masukan kentang dan ati ampela, aduk rata. Jngan lupa koreksi rasa
  4. Siap disajikan 😊

Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas resep sambal goreng ati ampela tersebut. Namun sebelum membuatnya, mari siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan seperti: Kentang sebanyak ½ kilogram, kupas dan bersihkan lalu potong berbentuk dadu (bentuk bisa sesuai selera); Hati sapi atau hati ayam plus ampela (ati ampela) sebanyak ½ kilogram, bersihkan dan rebus Sambal goreng kentang ampela ati. foto: Instagram/@laila_umi. Siapkan terlebih dahulu wajan dan minyak, setelah itu anda tumis beberapa bahan masakan yakni bawang merah, putih, daun salam dan lengkuas. Aduk sampai bahan tersebut sampai menjadi layu. Biasanya sambal goreng ati ampela jadi pendamping sempurna untuk makanan berkuah santan. langkah pembuatan Sambal Goreng Ati Ampela Pete.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sambal goreng kentang ati ampela yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved