Cara Gampang Membuat Sayur tempe lombok ijo yang Lezat Sekali

Charles Marsh   17/12/2020 19:55

Sayur tempe lombok ijo
Sayur tempe lombok ijo

Sedang mencari ide resep sayur tempe lombok ijo yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur tempe lombok ijo yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur tempe lombok ijo, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sayur tempe lombok ijo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Sayur lombok ijo original khas gunungkidul. RESEP JANGAN LOMBOK TEMPE TAHU ala Neng Nitha Emak Gaul - INDONESIAN COOKING RECIPE. Video kali ini saya akan share resep sayur tempe lombok ijo khas wonosar.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur tempe lombok ijo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sayur tempe lombok ijo menggunakan 19 bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur tempe lombok ijo:
  1. Gunakan 1 papan tempe (potong sesuai selera)
  2. Gunakan 3 sdm ebi kering
  3. Sediakan 120 ml santan klatu
  4. Gunakan 400 ml air putih
  5. Sediakan Bumbu iris tumis
  6. Gunakan 6 siung bawang merah
  7. Sediakan 4 siung bawang putih
  8. Ambil 5 buah cabe rawit orens
  9. Gunakan 5 buang cabe keriting
  10. Siapkan 10 buah cabe hijau besar
  11. Gunakan 1 sdt garam
  12. Ambil Secukupnya minyak untuk menumis
  13. Siapkan Bumbu tambahan
  14. Sediakan 1 jempol lengkuas geprek
  15. Gunakan 3 lembar daun salam
  16. Sediakan 1 sdt cabe bubuk
  17. Gunakan 1 sdt kaldu jamur
  18. Siapkan 1 sdt kaldu ayam knorr
  19. Sediakan 1 sdt gula pasir

Karena memakai paduan kaldu dan santan maka rasanya gurih enak. Masak dengan api sedang hingga mendidih dan meresap. Sajikan dan nikmati hidangan sayur tempe yang khas dari tanah air. Ada hidangan sayur tempe Lombok Ijo yang khas dan adapula hidangan sayur tempe krecek yang sedap.

Langkah-langkah membuat Sayur tempe lombok ijo:
  1. Potong dadu tempe cuci dan sisihkan. Iris semua bumbu sesuai selera(kecuali lengkuas dan daun salam).
  2. Panaskan minyak, tumis semua bumbu iris dan bumbu tambahan hingga wangi dan tanak. Lalu tambahkan tempe dan ebi, tumis bersama bumbu hingga sedikit kaku. Lalu tambahkan santan dan air. Didihkan sambil koreksi rasa. Angkat dan sajikan♥️

Lihat juga resep Tumis tempe sayur enak lainnya. Setelah mendidih, masukkan cabai hijau, masak sebentar, angkat. Hidangkan nasi lombok hijau dengan nasi abang beserta pelengkap empal goreng, jeroan goreng dan tempe goreng. sebenernya ini modifikasi sayur lombok ijo, yang asli dengan bahan tempe, karena disini agak syusyah cari tempe, kecuali mau nge -bus dulu ke asia mart.makanya dengan bahan seadanya , lumayan buat kangen menu rumah. Sayur lombok ijo terbuat dari lombok ijo, tempe, bawang putih dan bawang merah. rasanya gurih yang berasal dari santan kental, sayur lombok ijo sayur lombok ijo sangat digemari masyarakat karena rasa pedasnya begitu mantap, sayur lombok ijo paling cocok dihidangkan dengan nasi. Sayur Lombok Ijo adalah olahan masakan yang khas dari kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur tempe lombok ijo yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved