Bagaimana Membuat Bolu Durian (Tepung singkong, bebas gluten), Lezat Sekali

Richard Hall   22/10/2020 21:49

Bolu Durian (Tepung singkong, bebas gluten)
Bolu Durian (Tepung singkong, bebas gluten)

Sedang mencari ide resep bolu durian (tepung singkong, bebas gluten) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu durian (tepung singkong, bebas gluten) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Meskipun tepung almond termasuk tepung bebas gluten, saat membeli produk ini Anda juga harus memastikan bahwa tepung ini memang bebas dari gluten saat diproduksi di pabriknya. Baca label pangan lebih teliti lagi. Resep Bolu Durian Panggang Enak Lembut Dan Legit dapat anda lihat pada video slide berikut ini.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu durian (tepung singkong, bebas gluten), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bolu durian (tepung singkong, bebas gluten) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah bolu durian (tepung singkong, bebas gluten) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Bolu Durian (Tepung singkong, bebas gluten) memakai 13 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Bolu Durian (Tepung singkong, bebas gluten):
  1. Sediakan 4 butir telur segar
  2. Ambil 40 gr gula
  3. Sediakan 40 gr susu cair
  4. Sediakan 40 gr minyak
  5. Siapkan 60 gr tepung gluten free (aku pakai tepung singkong ladang lima)
  6. Sediakan 10 gr maizena
  7. Gunakan 1 sdt vanilla extract
  8. Gunakan 1/2 sdt garam (aku pakai garam himalaya)
  9. Gunakan Secukupnya pasta cokelat (aku wilton)
  10. Siapkan Bahan krim durian
  11. Ambil 3 buah daging durian besar+1 sdm kental manis dihaluskan/puree
  12. Ambil 150 ml santan+air sedikit(50ml)
  13. Gunakan 1 sdm maizena dilarutkan air sedikit(20ml)

Tapi aku buat versi gluten free pake tepung singkong (mocaf) dan maizena. Bolu atau kue bolu (dari bahasa Portugis: bolo; bahasa Inggris: cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus. Dengan kata lain tidak memerlukan penambahan tepung jenis lainnya untuk menggantikan Walaupun Mocaf tidak memiliki protein yang tinggi seperti tepung terigu akan tetapi Mocaf memiliki keunggulan Gluten Free.

Langkah-langkah membuat Bolu Durian (Tepung singkong, bebas gluten):
  1. Buat krim durian dulu ya supaya bisa disimpan di kulkas. Caranya mudah sekali.
  2. Krim Durian: Masak santan di api sedang sambil diaduk sampai mendidih kecil, tuang puree durian, aduk rata, tuang larutan maizena, aduk dan masak sampai kental sekitar 3 menit. Angkat dan dinginkan di suhu ruang lalu ke kulkas.
  3. Cake: Pertama, pisahkan 4 butir telur di wadah terpisah. Putih telur di bowl mixer, kuning telur di wadah besar
  4. Ayak tepung singkong dan maizena, sisihkan.
  5. Siapkan loyang,oles minyak tipis dan alasi kertas baking.
  6. Adonan kuning: Aduk kuning telur pakai spatula,tuang minyak dan susu, aduk lalu tuang tepung singkong dan maizena sambil ayak, ratakan sampai halus. Tuang vanilla, aduk sebentar.
  7. Meringue: mixer putih telur dan garam sampai putih berbusa, tuang gula bertahap, kocok sampai firm peak sekitar 3 menit. Matikan mixer
  8. Panaskan oven 150 C setidaknya 10-15 menit sebelum kue masuk.
  9. Tuang sedikit meringue ke adonan kuning, aduk lipat pakai spatula sampai rata, ulangi sampai meringue habis.
  10. Tuang adonan ke loyang, ratakan dan ketuk”loyang. Tetesi pasta cokelat titik” lalu gunakan sumpit melintasi titik” membentuk pola Marble.
  11. Panggang di suhu 150 C selama 25-30 menit. Setelah matang, diamkan di oven terbuka sedikit selama 10 menit, lalu keluarkan balik, lepaskan kertas roti. Potong dua sama rata, oles krim durian dingin, tumpuk. Simpan di kulkas 1 jam supaya set lalu dipotong kotak” setelah dingin.
  12. Sajikan. Sebaiknya dihabiskan di hari pembuatan. Kue bisa bertahan lebih dari sehari jika disimpan di kulkas.

Penjelasan lengkap seputar Resep Bolu Panggang Anti Gagal dan Banten. Rasa durian memang cukup sering untuk varian kue karena memiliki peminat yang lumayan. Setelah mengembang, masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk yang sudah dimix dengan cara diayak. Biji durian apabila dibuat menjadi tepung biji durian akan menghasilkan tepung yang berwarna putih kekuningan, yang mana dari tepung biji durian mempunyai kandungan amilopektin hampir sama dengan tepung beras ketan, dapat kita ketahui dengan pemberian sedikit air teksturnya akan lengket. Gluten sendiri merupakan protein yang biasa ditemukan pada biji-bijian seperti gandum.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Bolu Durian (Tepung singkong, bebas gluten) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved