Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Tempe Lombok Ijo Khas Gunung Kidul, Bisa Manjain Lidah

Devin Sparks   28/10/2020 11:43

Sayur Tempe Lombok Ijo Khas Gunung Kidul
Sayur Tempe Lombok Ijo Khas Gunung Kidul

Anda sedang mencari ide resep sayur tempe lombok ijo khas gunung kidul yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur tempe lombok ijo khas gunung kidul yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Sayur lombok ijo original khas gunungkidul. SAYUR TEMPE CABE HIJAU KHAS GUNUNGKIDUL Membuat jangan lombok krecek khas wonosari gunung kidul.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur tempe lombok ijo khas gunung kidul, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur tempe lombok ijo khas gunung kidul enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sayur tempe lombok ijo khas gunung kidul sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sayur Tempe Lombok Ijo Khas Gunung Kidul memakai 13 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Tempe Lombok Ijo Khas Gunung Kidul:
  1. Gunakan 1 papan Tempe (yang sudah didiamkan selama 24 jam di suhu ruang)
  2. Gunakan 30 cabai hijau keriting (harus yg keriting, jangan yg besar)
  3. Gunakan 10 cabai rawit biarkan utuh
  4. Ambil Lengkuas, geprek
  5. Gunakan Daun salam
  6. Sediakan 1 sachet Santan
  7. Gunakan secukupnya Air
  8. Ambil Bumbu
  9. Ambil 4 siung bawang putih, iris
  10. Sediakan 5 siung bawang merah iris
  11. Ambil 1 sdt Gula pasir
  12. Siapkan 1 sdt Garam
  13. Sediakan 1 sdm Kaldu ayam bubuk

Sayur Lombok Ijo adalah olahan masakan yang khas dari kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Makanan ini memililki ciri khas kuahnya yang terbuat Sayur Lombok Ijo ini terbuat dari bahan dasar seperti santan kelapa, cabai hijau, cabai rawit, kacang panjang, tempe kedelai, dan bahan lainnya. Mumpung lagi ada di gunung kidul, sangat disayangkan sekali jika tidak sampai merasakan rasanya makan dengan sayur yang sudah disajikan dalam wadah khusus. Beruntung bisa merasakan langsung sayur lombok hijau khas gunung kidul.

Langkah-langkah membuat Sayur Tempe Lombok Ijo Khas Gunung Kidul:
  1. Potong tempe dan cabai hijau. Jangan lupa cabainya dicuci dulu. Trus tempenya harus yang dibeli kemaren (sudah didiamkan selama 24 jam di suhu ruang, tidak di kulkas) Karena tempenya sangat mempengaruhi rasanya nanti.
  2. Iris2 juga bawang merah dan bawang putih.
  3. Panaskan 7 sdm minyak lalu tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas sampai memgeluarkan aroma harum.
  4. Kemudian masukin tempe dan cabai ijo. Tumis sampai tempenya layu.
  5. Masukkan santan yg udah dicairkan dengan 3 gelas air. Lalu tambahkan bumbu garam kaldu bubuk dan gula pasir
  6. Koreksi rasa, tunggu sampai mendidih, sering2 diaduk ya mom biar santan ga pecah. Kalau pecah, rasanya jadi hambarrr.
  7. Sajikan dengan penuh suka cita kepada keluarga.

SBY beserta rombongan disajikan menu tradisional khas Gunungkidul seperti nasi merah, sayur lombok ijo, sayur brongkos, gudeg daun pepaya dan lauk ayam kampung, serta empal goreng. Dengan suasana santai, dan dengan pengawalan paspampres yang tidak lagi seketat saat menjabat. Jika kamu mencari makanan khas Gunung Kidul yang kaya akan kandungan vitamin, kamu bisa memilih Jangan Lombok Ijo sebagai pilihan. Keistimewaan Sayur Lombok Ijo ini terletak pada cita rasa yang gurih bercampur pedas. Rasa gurih tersebut karena kuah santan yang cukup kental dengan ditambah racikan bumbu berupa tumisan bawang merah, putih, jahe, kemiri, lengkuas, dan beberapa rempah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Tempe Lombok Ijo Khas Gunung Kidul yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved