Resep Sayur tempe lombok ijo khas wonogiri Anti Gagal

Ruby McKenzie   08/08/2020 20:46

Sayur tempe lombok ijo khas wonogiri
Sayur tempe lombok ijo khas wonogiri

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur tempe lombok ijo khas wonogiri yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur tempe lombok ijo khas wonogiri yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur tempe lombok ijo khas wonogiri, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sayur tempe lombok ijo khas wonogiri enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Jumpa lagi dengan Bunda ATA, kali ini saya akan membuat resep Oseng tempe Lombok ijo khas Wonogiri. Video kali ini saya akan share resep sayur tempe lombok ijo khas wonosar. Biasa juga disebut sayur lombok ijo atau jangan ndeso.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur tempe lombok ijo khas wonogiri yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur tempe lombok ijo khas wonogiri menggunakan 15 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayur tempe lombok ijo khas wonogiri:
  1. Gunakan 2 papan tempe
  2. Gunakan 2 genggam cabai hijau
  3. Gunakan 10 buah cabai rawit
  4. Siapkan 15 buah bawang merah
  5. Sediakan 6 buah bawang putih
  6. Ambil 4 buah kemiri
  7. Sediakan 2 buah santan kara
  8. Siapkan 3 lembar daun salam
  9. Sediakan Lengkuas
  10. Gunakan 2 lembar daun jeruk
  11. Ambil 1 liter air
  12. Ambil Minyak goreng
  13. Ambil Gula pasir
  14. Sediakan Garam
  15. Gunakan Gula jawa

Makanan khas Wonogiri yang pertama adalah nasi tiwul. Makanan ini terbuat dari tepung gaplek yang merupakan singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Dalam hidangannya kamu akan menemui tempe kara ini di bungkus dengan daun jati dan sangat cocok dengan lalapan cabe. Jadi resep ini artinya Sayur Lombok Ijo.

Cara menyiapkan Sayur tempe lombok ijo khas wonogiri:
  1. Iris tempe, cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, bawang putih
  2. Ulek kemiri
  3. Tumis bawang merah bawang putih hingga harum
  4. Masukan tempe
  5. Masukkan cabai
  6. Masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas
  7. Tambahkan air
  8. Setelah mendidih masukkan santan
  9. Masukkan gula, garam, gula jawa
  10. Cek rasa
  11. Tunggu hingga matang

Meski bahan utama adalah tempe tetapi karena porsi cabe hijaunya banyak jadi disebut Jangan/Sayur Lombok Ijo. Sayur ndeso nan lezat ini saya kenal dari almarhum ibu saya yang pada masa kecilnya hidup di Pracimantoro, Wonogiri - Gunung Kidul. Sayur Lombok Ijo adalah olahan masakan yang khas dari kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempe yang dibuat dengan cara tradisioal ini biasanya lebih empuk dan teksturnya tidak terlalu Cukup sekian pengenalan tentang "Sayur Lombok Ijo Makanan Khas dari Gunung Kidul, Yogyakarta". Tapi sayur lombok atau Jangan Lombok Wonogiri beda, loh.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur tempe lombok ijo khas wonogiri yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved