Resep Jangan Tempe Lombok Ijo (a.k.a Sayur Tempe Cabe Hijau) yang Sempurna

Ida Marshall   23/10/2020 22:13

Jangan Tempe Lombok Ijo (a.k.a Sayur Tempe Cabe Hijau)
Jangan Tempe Lombok Ijo (a.k.a Sayur Tempe Cabe Hijau)

Lagi mencari inspirasi resep jangan tempe lombok ijo (a.k.a sayur tempe cabe hijau) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal jangan tempe lombok ijo (a.k.a sayur tempe cabe hijau) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sayur lombok ijo original khas gunungkidul. SAYUR TEMPE CABE HIJAU KHAS GUNUNGKIDUL Jangan lombok ijo tempe resep sayur cabe hijau farida nurhan tkw taiwan Bahan: lombok ijo,Tempe,baput,bamer,daun salam,serai, laos,garam,masakno,santan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari jangan tempe lombok ijo (a.k.a sayur tempe cabe hijau), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan jangan tempe lombok ijo (a.k.a sayur tempe cabe hijau) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat jangan tempe lombok ijo (a.k.a sayur tempe cabe hijau) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Jangan Tempe Lombok Ijo (a.k.a Sayur Tempe Cabe Hijau) menggunakan 15 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Jangan Tempe Lombok Ijo (a.k.a Sayur Tempe Cabe Hijau):
  1. Sediakan 1 papan tempe (lebih enak yg semangit/tempe yg sdh tua)
  2. Ambil 65 ml santan instan (sy : kara)
  3. Sediakan Secukupnya Pete (optional), potong2
  4. Ambil 6 bh cabe hijau besar, potong2 serong, spt di sayat
  5. Siapkan Secukupnya cabe rawit (sesuaikan selera), utuh/potong jd 2
  6. Ambil 3 lbr daun salam
  7. Sediakan 1 jempol lengkuas, digeprek
  8. Gunakan Secukupnya garam
  9. Ambil Secukupnya gula (seujung sdm)
  10. Sediakan Secukupnya Penyedap (sy : Ajinomoto, optional)
  11. Sediakan Secukupnya air
  12. Ambil Secukupnya minyak utk menumis
  13. Sediakan 🌠 Bumbu Uleg (kasar) :
  14. Ambil 8 bh Bawang merah
  15. Siapkan 5 siung Bawang putih

It taste delicious and quiet cheap. Jangan Lombok Tempe Telur enak lainnya. Anda bisa mengolah tempe dengan lombok ijo atau bisa juga membuat tempe mendoan. Nah, bila Anda tertarik membuat olahan tempe di rumah untuk makan siang, berikut Okezone rangkumkan tiga rekomendasi resepnya, Selasa Sayur Tempe Lombok Ijo.

Cara menyiapkan Jangan Tempe Lombok Ijo (a.k.a Sayur Tempe Cabe Hijau):
  1. Siapkan semua bahan
  2. Potong2 tempe, kmdn rebus/kukus.
  3. Sambil menunggu tempe di rebus, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum. Stlh itu masukkan cabe rawit, lengkuas & daun salam. Tumis sebentar kmdn tuang bumbu tumisan kedalam panci rebusan tempe.
  4. Tambahkan santan & air aduk rata. Sesekali diaduk spy santan tdk pecah.
  5. Setelah santan mendidih, bumbui garam, gula & penyedap. Koreksi rasa.
  6. Kecilkan api, masukkan cabe hijau, masak hingga tempe lunak & bumbu meresap. 5 mnt sblm diangkat, tambahkan Pete. Siap disajikan 😉
  7. Note : ⚪tempe bisa di gr setengah matang dahulu spy tdk mudah hancur saat dimasak. ⚪atau bisa jg di kukus/rebus spy cpt empuk. Tergantung selera ya Krn sy suka tempenya empuk/lunak serta bumbu meresap.

Sayur tempe tahu cabe/lombok hijau ini biasa disebut 'jangan ndeso' atau sayur desa. Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah. Gurih santan dan pedas dari cabe hijau membuat hidangan yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah. dokpriLelah menyusuri sungai bawah tanah di gua Pindul, lapar pun tidak terelakkan. Beruntung bisa merasakan langsung sayur lombok hijau khas gunung kidul.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Jangan Tempe Lombok Ijo (a.k.a Sayur Tempe Cabe Hijau) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved