Bagaimana Membuat Soto Padang, Sempurna

Iva Sparks   11/08/2020 03:37

Soto Padang
Soto Padang

Lagi mencari ide resep soto padang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto padang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Soto padang is a kind of clear, non coconut milked soto, which usually contains beef, onion, potatoes, and white vermicelli noodles as its main ingredients. This soto is a culinary specialty originating from West Sumatra, Indonesia. The meat used for the soto can be boiled and cut, or it can be fried until crunchy.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto padang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto padang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto padang yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Soto Padang menggunakan 32 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Soto Padang:
  1. Sediakan Bahan Rebusan Daging:
  2. Sediakan 500 gr Daging Sapi
  3. Ambil 300 gr tulang sapi
  4. Siapkan 1 sdm garam
  5. Gunakan 5 cm lengkuas memarkan
  6. Gunakan 5 cm jahe memarkan
  7. Gunakan Bahan Tambahan:
  8. Siapkan 3 butir kapulaga
  9. Gunakan 3 butir cengkeh
  10. Ambil 1 bunga lawang
  11. Ambil 6 lembar daun jeruk
  12. Siapkan 2 lembar daun salam
  13. Gunakan 2 batang serai, memarkan
  14. Ambil 1 batang daun bawang, iris kasar
  15. Sediakan 2 sdt garam
  16. Siapkan 1 sdt lada bubuk
  17. Ambil 1 sdt bubuk kari (aku pake kari kambing)
  18. Siapkan 3 liter air
  19. Ambil Bahan Yang di haluskan:
  20. Sediakan 10 siung bawang merah
  21. Gunakan 6 siung bawang putih
  22. Ambil 5 cm jahe
  23. Siapkan 2 cm kunyit
  24. Ambil 4 sdm minyak sayur / minyak goreng
  25. Gunakan Bahan pelengkap soto
  26. Sediakan perkedel kentang
  27. Siapkan krupuk merah
  28. Sediakan sambal merah
  29. Siapkan 100 gr soun seduh air panas hingga lunak, tiriskan
  30. Siapkan 1 batang seledri, iris halus
  31. Siapkan bawang goreng
  32. Ambil jeruk nipis

Unlike Western soups, this dish is considered as main dish and served with glass noodles and Perkedel (Fried Potato Patties) because it is very filling. It takes time to make perkedel kentang since you will need to fry the potatoes, mash them, shape the patties out from the mashed potatoes, and fry the patties. Soto Padang menggunakan potongan daging sapi yang digoreng. Ciri khas lainnya adalah adanya perkedel dan kerupuk berwarna merah jambu sebagai pelengkap.

Cara menyiapkan Soto Padang:
  1. Rebus daging sapi dan tulang2 bersama garam, jahe dan lengkuas hingga lunak, tiriskan daging. iris melintang tipis, memarkan hingga agak pipih, bisa langsung digunakan atau bisa digoreng sampai garing
  2. Kaldu bekas rebusan daging sisihkan, (total sisa 2 liter air, tinggal tambah aja kalau kurang)
  3. Tumis semua bumbu halus bersama daun jeruk, serai, daun bawang, daun salam, kapulaga, cengkeh, serai, dan bunga lawang hingga wangi, kemudian masukkan kedalam kaldu. didihkan dengan api kecil. tambahkan garam, lada bubuk, dan bubuk kari, jangan lupa tes rasa. (saran jangan terlalu asin, karena saat memanaskan kembali kuah kaldu, akan semakin asin dan gurih, sebaiknya saat penyajian saja ditambahkan garam apabila kurang asin).
  4. Cara membuat sambal merah: 10 bh cabe merah keriting, 2 siung bawang merah, garam. blender halus, tumis dengan minyak sampai matang, tes rasa
  5. Cara penyajian: Taruh soun, perkedel, dan daging dalam mangkuk saji, tuang kaldu panas, taburi bawang goreng, seledri dan kerupuk merah. tambahan sambel merah dan jeruk nipis. siap disajikan

Soto Padang memiliki cita rasa gurih yang berasal dari kaldu sapi. Selain itu, soto ini juga disajikan bersama dengan soun dan irisan tomat. Ingredients To Make Soto Padang Original Recipe Tasty and Delicious. Could use the meat has in course but it is advisable to mix some with meat so that the broth tetelan more savory and delicious. Resep Soto Padang - oleh: @icha.irawan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat soto padang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved