Resep Kue Lapis tepung Hunkwe Anti Gagal

Emily Long   08/08/2020 06:22

Kue Lapis tepung Hunkwe
Kue Lapis tepung Hunkwe

Sedang mencari inspirasi resep kue lapis tepung hunkwe yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue lapis tepung hunkwe yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada berbagai jenis kue lapis yang bisa kita buat di rumah. Salah satunya resep kue lapis hunkwe ini. Kue lapis ini berbeda dengan kue lapis lainnya seperti kue lapis surabaya atau kue lapis legit yang menggunakan tepung terigu.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue lapis tepung hunkwe, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan kue lapis tepung hunkwe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat kue lapis tepung hunkwe sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Kue Lapis tepung Hunkwe menggunakan 5 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Kue Lapis tepung Hunkwe:
  1. Siapkan 85 gram/ 1 bungkus tepung Hunkwe
  2. Sediakan 50 gram tepung terigu
  3. Gunakan 100 gram gula pasir
  4. Siapkan 400 ml santan (2 bungkus santan Rose brand @65ml +air)
  5. Siapkan Sejumput garam

Kue Pepe, kue khas betawi yang dibuat dari tepung sagu dan santan. Di Sidoarjo sendiri menyebutnya kue Lapis bahan dasarnya sama tepung sagu dan santan. Kue tradisional dengan nama yang berbeda di tiap daerah. Kali ini aku buat dari bahan dasar hunkwe, dan sebagian kue Pepe aku freezer jadi es ga.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Lapis tepung Hunkwe:
  1. Campur semua bahan
  2. Saring, dan bagi 2
  3. Kasih pewarna makanan merah dan moccha
  4. Panaskan kukusan dan olesi cetakan dengan minyak, panaskan juga cetakan. Masukkan 1 centong sayur warna moccha, kukus 3 menit, dan masukkan warna merah, kukus lagi 3 menit. Hingga adonan habis. Jangan lupa tutup pakai sarbet ya. Masak pakai api sedang.
  5. Setelah matang, dinginkan, setelah dingin potong dengan pisau yang sudah dilapisi dengan plastik.

Oh iya aku lebih suka ongol-ongol yang pake tepung hunkwe ya soalnya lebih lembut dan gak terlalu lengket pas mau dipotong. Banyak sekali variasi kue lapis, salah satunya adalah kue lapis tepung hunkwe. Berbeda dengan kue lapis yang menggunakan tepung terigu, dengan tepung hunkwe teksturnya lebih kenyal seperti agar-agar. Kue ini sangat cocok disajikan untuk arisan ataupun acara lainnya. Bahkan, tepung kanjinya bisa terlalu banyak jumlahnya. (Baca juga: Resep Cake Lapis Hunkwe Pisang Cokelat) Nah, sekarang Anda tahu apa fungsi tepung hunkwe di dalam kue.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat kue lapis tepung hunkwe yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved