Resep Opor Ayam kuah kuning Anti Gagal

Jordan Moore   18/07/2020 17:41

Opor Ayam kuah kuning
Opor Ayam kuah kuning

Lagi mencari inspirasi resep opor ayam kuah kuning yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam kuah kuning yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Siapa si yg g kenal opor ayam ? Yaa semua org pasti tau, menu ini merupakan menu rumahan yg sudah tidak asing lagi, mungkin semua. cara membuat opor ayam dan resep opor ayam lebaran lengkap cara memasak opor ayam kuning lengkap bahan bumbu opor ayam tahu special yang Cara Membuat Opor Ayam - Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang terkenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam kuah kuning, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan opor ayam kuah kuning enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah opor ayam kuah kuning yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam kuah kuning memakai 18 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Opor Ayam kuah kuning:
  1. Gunakan 1 kg ayam potong
  2. Siapkan 65 ml santan kara
  3. Ambil Minyak sayur untuk menumis
  4. Ambil Bumbu yg dihaluskan :
  5. Siapkan 5 siung bawang putih
  6. Gunakan 7 siung bawang merah
  7. Ambil 2 butir kemiri
  8. Sediakan 1 sdt ketumbar
  9. Ambil 1/4 sdt jinten
  10. Sediakan 1 ruas kunyit tua atau bsa pke kunyit bubuk
  11. Gunakan Bahan yg ditumis brsama bumbu halus :
  12. Ambil 3 lembar daun salam
  13. Sediakan 1 batang sereh (geprek)
  14. Sediakan 1 ruas jahe (geprek)
  15. Sediakan 1 ruas lengkuas (geprek)
  16. Siapkan 1 bungkus royko ayam
  17. Siapkan secukupnya Garam
  18. Siapkan 1/2 sdt Gula

Bismillah Masih ngikut #BelanjaIdeDiPasarCookpad Ketemu daging ayam, coba bikin makanan khas lebaran, pake resepnya Ummu Maryam, MasyaAllah mantap 👍. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam kuah kuning:
  1. Cuci ayam sampai bersih. Tiriskan. Lalu goreng sebentar ayam agar tdk bau anyir.
  2. Tumis bumbu halus smpai wangi & matang, masukkan ayam2 yg sudah digoreng td. Aduk2 lalu tmbhkan air secukupnya. Tambahkan santan, dan bumbu2 penyedap rasa. Msak smpai mendidih & matang. Cek rasa. Tambahkan bawang goreng diatasnya. Sajikan.

Opor ayam merupakan makanan dengan cita rasa khas nusantara yang hanya dapat di temukan di daerah Jawa saja. Namun asal dari makanan ini tidak di ketahui. Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian. Kuah opor yang gurih dan aromanya yang menggugah selera biasanya disajikan bersama ketupat. Makanan khas Indonesia ini ternyata punya beberapa varian lho!

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Opor Ayam kuah kuning yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved