Resep Urap sayuran Anti Gagal

Susan Mullins   22/08/2020 00:31

Urap sayuran
Urap sayuran

Sedang mencari inspirasi resep urap sayuran yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal urap sayuran yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari urap sayuran, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan urap sayuran yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Recipe: Urap-urap sayur - Cooked vegetables with spiced grated coconut. Urap-urap sayur is a traditional meal, that probably has it's origin somewhere in central Java. In Bali it is known as Lawar.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat urap sayuran sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Urap sayuran memakai 24 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Urap sayuran:
  1. Siapkan kelapa muda parut
  2. Siapkan minyak goreng
  3. Gunakan daun salam
  4. Sediakan daun jeruk (sobek)
  5. Siapkan air asam jawa (kental)
  6. Ambil gula merah
  7. Siapkan garam
  8. Siapkan gula pasir
  9. Sediakan Bumbu halus (saya blender):
  10. Ambil air
  11. Ambil bawang merah
  12. Ambil bawang putih
  13. Sediakan cabe merah keriting (buang biji)
  14. Siapkan rawit merah (buang biji)
  15. Siapkan kencur
  16. Sediakan terasi ABC (bakar)
  17. Sediakan Sayurannya:
  18. Sediakan Kol
  19. Ambil Kacang panjang
  20. Siapkan Wortel
  21. Gunakan Labu Siam
  22. Ambil Toge
  23. Ambil Daun pepaya
  24. Gunakan Kangkung

Nikmati kesempurnaan rasa bumbu kacang yang pedas dari Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Pedasss, sedikit kesegaran daun jeruk. Hidangan ini terbuat dari rebusan berbagai macam sayur, yang dicampur dengan bumbu kelapa parut. Ciri khas urap yaitu menggunakan kencur dalam campuran bumbunya, sehingga menimbulkan aroma dan rasa kencur yang kuat. Sayuran yang biasa digunakan seperti kacang panjang, kecipir, tauge, daun singkong, kol, dan masih banyak lagi.

Cara menyiapkan Urap sayuran:
  1. Bersihkan semua bahan sayuran ya, cuci kemudia rebus
  2. Masukan bumbu halus ke penggorengan ya, kemudian masak dengan api kecil sampai kandungan air surut, kering, setelah itu masuka 1 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus sampai wangi dengan api sedang cenderung kecil
  3. Masukan kelapa muda, aduk sampai bumbu tercampur rata, masukan air asam Jawa dan gula merah, aduk kembali, kemudian masukan garam dan gula pasir, koreksi rasa
  4. Masak bumbu urap sampai benar-benar matang ya, agar tidak mudah basi, masak di api sedang cenderung kecil, aduk terus dengan sabar ☺️
  5. Setelah matang, sajikan dengan rebusan sayuran tadi ya, selamat mencoba ❤️

Tentunya bisa disesuaikan dengan selera anda. Urap merupakan salah satu olahan sayuran yang lezat dan mudah dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat urap juga sederhana dan harganya terjangkau. Urap sejatinya dibagi menjadi dua bagian utama, yakni rebusan sayuran dan bumbu urap. Nah, bumbu urap yang terbuat dari kelapa inilah yang menjadi kunci kelezatan urap.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat urap sayuran yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved