Resep Urap - urap Sayur (disangrai) yang Bisa Manjain Lidah

Jessie Evans   06/12/2020 16:12

Urap - urap Sayur (disangrai)
Urap - urap Sayur (disangrai)

Sedang mencari ide resep urap - urap sayur (disangrai) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal urap - urap sayur (disangrai) yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari urap - urap sayur (disangrai), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan urap - urap sayur (disangrai) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Ciri khas urap yaitu menggunakan kencur dalam campuran bumbunya, sehingga menimbulkan aroma dan rasa kencur yang kuat. Hidangan ini terbuat dari rebusan berbagai macam sayur, yang dicampur dengan bumbu kelapa parut. Ciri khas urap yaitu menggunakan kencur dalam campuran bumbunya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah urap - urap sayur (disangrai) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Urap - urap Sayur (disangrai) memakai 18 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Urap - urap Sayur (disangrai):
  1. Ambil kelapa agak muda, parut
  2. Siapkan daun jeruk, buang tulang daun kmdn rajang halus
  3. Ambil Bumbu halus :
  4. Ambil bawang putih
  5. Gunakan cabe merah besar (optional, kl mau merah ya ditambah sj)
  6. Ambil cabe rawit (optional, pedas sesuai selera)
  7. Siapkan kencur (bagi yg suka bisa ditambah)
  8. Siapkan asam jawa
  9. Ambil (secukupnya) Gula merah / Jawa
  10. Sediakan terasi bakar (optional)
  11. Ambil garam
  12. Ambil Bahan Pelengkap (Sayur Rebus) :
  13. Gunakan Toge
  14. Sediakan Kacang Panjang
  15. Sediakan Sawi Putih
  16. Gunakan Kenikir
  17. Ambil Mentimun
  18. Ambil Kemangi (saya lg tdk pny stok)

Menu aneka sayur ini sudah sangat dikenal hampir di seluruh nusantara, termasuk Sunda dan Jawa. Resep urap sayuran yang enak ini memiliki ciri khas cara penyajiannya dengan taburan bumbu urap kering yang terbuat dari kelapa parut lalu disangrai atau dengan cara digoreng tanpa minyak. Indonesian salad Urap-Urap, resep, asli, Indonesia, step-by-step. Jadi usahakan keduanya hadir Untuk mendapatkan bumbu urap yang tahan lama / tidak lekas bau, bumbu jangan dikukus tetapi bisa anda sangrai.

Cara membuat Urap - urap Sayur (disangrai):
  1. Haluskan semua bumbu halus.
  2. Campurkan bumbu halus, kelapa parut & irisan daun jeruk, aduk rata. Koreksi rasa.
  3. Panaskan wajan, pergunakan api kecil - sedang, sangrai bumbu urap sampai harum, matang & asat. Angkat, sisihkan.
  4. Utk penyajian, siapkan sayur2an yg telah di rebus, jg mentimun & kemangi, ambil bumbu urap secukupnya, aduk rata, tata di piring saji. Siap dihidangkan 😉
  5. #kalau lg ada tamu, saya lebih suka menyajikan bumbu & sayur scr terpisah spy bisa pilih sendiri sayur yg disuka. 😊

Siangi sayur mayur, rebus dalam air mendidih masing-masing Bu, resep ini untuk berapa orang ya? Setelah dikukus, bumbu agak basah, apa boleh disangrai agar. Bumbu urap sederhana pun siap disajikan bersama dengan rebusan sayur-sayuran favoritmu. Selain ditumis, bumbu urap juga bisa ditumis dan juga disangrai. Campur bumbu urap dan sayuran sesaat sebelum dihidangkan, supaya sayuran dan bumbunya tetap segar dan gak cepat basi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan urap - urap sayur (disangrai) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved