Resep Urap Sayur (Godangan) Anti Gagal

Emilie Swanson   28/10/2020 07:33

Urap Sayur (Godangan)
Urap Sayur (Godangan)

Sedang mencari ide resep urap sayur (godangan) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal urap sayur (godangan) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Cara Membuat Urap Sayuran Enak - Urap adalah salah satu jenis masakan asli dari negara Indonesia tepatnya berasal dari pulau jawa. Jenis makanan ini terbuat dari bahan dasar berbagai macam jenis sayuran yang dimasak dengan cara direbus dan dicampur dengan kelapa parut. Tapi buat saya yang penggila sayur mayur dan jauh dari rantau gini terlalu penting untuk dilewatkan begitu saja karena tinggal jauh dari tanah air dengan segala keterbatasannya, Alhamdulillah bisa memunculkan kreatifitas alias kepepetisme.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari urap sayur (godangan), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan urap sayur (godangan) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan urap sayur (godangan) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Urap Sayur (Godangan) memakai 13 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Urap Sayur (Godangan):
  1. Ambil 1 ikat bayam, petiki, rebus
  2. Gunakan 150 gr toge, cuci, siram dengan air mendidih
  3. Sediakan 150 gr kelapa parut
  4. Siapkan 2 lembar daun jeruk, iris halus
  5. Sediakan 1 sdt garam
  6. Siapkan 1/2 sdt kaldu jamur
  7. Ambil 1 sdm gula merah sisir
  8. Siapkan Bumbu halus
  9. Gunakan 6 bawang merah
  10. Sediakan 3 bawang putih
  11. Ambil 2 cm kencur
  12. Ambil 8 buah cabe rawit
  13. Gunakan 2 cabe merah besar

COM - Selain untuk dimakan sehari-hari, urap juga sering dijumpai dihidangkan sebagai sayur tumpeng. Dalam filosofi tumpeng, konon urap menjadi simbol dari kerukunan. Hal tersebut karena komposisi urap yang terdiri dari beragam sayuran. Sayuran sendiri dimaknai sebagai pertumbuhan, ketentraman, atau melambangkan keinginan yang sudah tercapai.

Cara membuat Urap Sayur (Godangan):
  1. Siapkan bahan. Bayam, cuci,petiki dan rebus, tiriskan angkat. Toge, siram dengan air mendidih, diamkan 5 menit, tiriskan. Haluskan bumbu.
  2. Campurkan bumbu halus dengan kelapa muda parut, aduk-aduk hingga rata. Kukus.
  3. Campurkan bumbu urap dengan sayuran. Urap Sayur/Godangan siap dinikmati.

Resep Cara Membuat Gudangan / Urap Sayur Paling Enak merupakan cara membuat urap kacang bayam dari resep masakan Indonesia yang sudah diuji dan dibuktikan. cara membuat urap kacang panjang yang ditulis dan disajikan disini bersumber dari sumber terpercaya dan telah diuji coba sehingga jadilah resep membuat gudangan paling enak ini. Ada pula yang dikombinasi dengan tauge atau daun kangkung tergantung selera masing-masing. Dan biasanya saat penyajian, sayuran-sayuran tersebut akan dibubuhi dengan sambal kelapa parut yang berasa pedas, manis dan gurih. Ladies, itulah resep sederhana membuat urap sayur bumbu kelapa di rumah. Oh iya, agar urap sayur nggak cepat basi, jangan langsung mencampur sayur dan bumbunya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Urap Sayur (Godangan) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved