Resep Opor Ayam Kuning yang Bikin Ngiler

Chad Maxwell   08/07/2020 07:03

Opor Ayam Kuning
Opor Ayam Kuning

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam kuning yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam kuning yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kuning, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan opor ayam kuning enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Bismillah Masih ngikut #BelanjaIdeDiPasarCookpad Ketemu daging ayam, coba bikin makanan khas lebaran, pake resepnya Ummu Maryam, MasyaAllah mantap 👍. Opor Ayam Kuning Lebaran enggak lengkap rasanya tanpa Opor Ayam Kuning ini. Opor ayam kampung spesial bumbunya pas rasanya sedap.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat opor ayam kuning yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Opor Ayam Kuning memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Opor Ayam Kuning:
  1. Ambil 1/2 kg ayam
  2. Sediakan 1 sachet santan kara
  3. Gunakan 1 cm lemgkuas
  4. Sediakan 1 batang serai
  5. Siapkan 2 lembar daun salam
  6. Gunakan 3 lembar daun jeruk
  7. Ambil Secukupnya kaldu bubuk
  8. Gunakan Secukupnya garam
  9. Ambil Secukupnya gula jawa
  10. Ambil Bumbu Halus:
  11. Ambil 3 siung bawang putih
  12. Gunakan 5 siung bawang merah
  13. Gunakan 1 sdt ketumbar bubuk
  14. Sediakan 1/2 sdt lada bubuk
  15. Gunakan 2 ruas jari kunyit
  16. Ambil 3 butir kemiri

Opor ayam adalah kuliner masakan berbahan dasar ayam yang sangat khas dari Inonesia Ayam yang digunakan untuk membuat opor ayam ini biasanya dibalur dengan bumbu kuning sehingga. cara membuat opor ayam dan resep opor ayam lebaran lengkap cara memasak opor ayam kuning lengkap bahan bumbu opor ayam tahu special yang enak dan empuk. Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Opor ayam adalah masakan yang diolah dengan bahan dasar daging ayam, santan, dan berbagai bumbu seperti kencur, serai, dan sebagainya. Opor ayam kuning ini memang berwarna kuning dan hampir seperti soto tetapi pembedanya adalah bumbu santan disini kental lebih terlihat seperti gulai daripada opor ayam.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Kuning:
  1. Cuci bersih ayam, goreng sebentar. Angkat. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis kembali hingga harum dan bumbu matang.
  3. Tuang air secukupnya. Masukkan santan. Aduk rata.
  4. Masukkan ayam. Tambahkan kaldu bubuk, garam, gula jawa. Aduk rata.
  5. Masak hingga ayam empuk dan kuah agak menyusut. Koreksi rasa.
  6. PS: kalau bunda Atha suka kuah yg agak banyak karena anak kicik ini doyan banget masakan berkuah santan begini.

Resep Opor Ayam: Siap Menggoyang Lidah Keluarga! Bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, pada artikel kali ini akan membahas secara khusus dan lengkap mengenai resep. Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam kuning yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved