Resep Opor Ayam Bumbu Kuning yang Bikin Ngiler

Jason Baker   23/10/2020 01:37

Opor Ayam Bumbu Kuning
Opor Ayam Bumbu Kuning

Anda sedang mencari ide resep opor ayam bumbu kuning yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam bumbu kuning yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam bumbu kuning, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam bumbu kuning enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Opor Ayam –Bumbu Kuning– enak lainnya. Resep masakan opor ayam bumbu santan kuning jawa spesial. Inilah rahasia bumbu opor ayam kuah kuning pedas sederhana, siapkan bahan bumbunya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah opor ayam bumbu kuning yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor Ayam Bumbu Kuning memakai 15 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Opor Ayam Bumbu Kuning:
  1. Siapkan 500 gram ayam yang sudah dibersihkan dan direbus
  2. Ambil Bumbu halus
  3. Siapkan 10 siung bawang merah
  4. Siapkan 4 siung bawang putih
  5. Siapkan 2 ruas jahe
  6. Siapkan 2 ruas lengkuas
  7. Gunakan 2 ruas kunyit
  8. Ambil 4 butir kemiri bulatkan
  9. Gunakan Bahan dan bumbu pelengkap
  10. Sediakan 1 batang serai geprek
  11. Gunakan 2 ruas jari lengkuas
  12. Ambil 4 lembar daun jeruk
  13. Siapkan 300 ml santan kental dari setengah butir kelapa
  14. Gunakan 300 ml air kaldu sisa rebusan ayam
  15. Siapkan secukupnya Garam, penyedap dan minyak goreng

Rasa yang otentik dengan bumbu rempah-rempah khas nusantara, membuat siapa saja dapat menikmati masakan ini. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi. Di berbagai daerah, yang kerap dijumpai yakni opor ayam kuning. Seperti namanya, menu ini menggunakan kunyit sebagai pewarna yang dipadukan dengan santan, daun jeruk dan bumbu lainnya.

Cara membuat Opor Ayam Bumbu Kuning:
  1. Blender bumbu hingga halus
  2. Tumis bumbu hingga harum kemudian masukkan serai, daun jeruk. Aduk rata.
  3. Tambahkan air kaldu. Aduk rata lalu masukkan ayam. Biarkan sesaat. Lalu tambahkan santan kental. Aduk rata
  4. Masak sampai matang kuah agak mengental atau agak creamy. Angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng

Seperti inilah bumbu opor ayam kuning yang akan kita bagi kepada kalian. Silahkan langsung baca artikel dibawah ini. Resep opor ayam biasanya tidak berdiri sendiri dan dikombinasikan dengan berbagai macam rempah-rempah. Dipulau Sumatera biasanya menghidangkan opor ayam disajikan dengan telur balado, rendang, dan. Bumbu opor ayam memang banyak dicari terutama oleh ibu-ibu Bahkan makanan khas Indonesia ini sering dihidangkan dalam acara-acara tertentu.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Opor Ayam Bumbu Kuning yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved