Resep Soto Daging Kambing Tanpa Santan Anti Gagal

Kathryn Jordan   21/08/2020 14:54

Soto Daging Kambing Tanpa Santan
Soto Daging Kambing Tanpa Santan

Lagi mencari ide resep soto daging kambing tanpa santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto daging kambing tanpa santan yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto daging kambing tanpa santan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan soto daging kambing tanpa santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Ya soto daging biasanya banyak disajikan dalam beberapa acara, salah satunya ketika berkumpul bersama dengan keluarga besar baik sewaktu memperingati sebuah acara atau hanya sekedar berkumpul acara tahunan dan mungkin sewaktu menyambut hari raya Idul Adha. Tongseng daging kambing sejatinya berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Kalau pernah menyambangi kota ini, kamu akan melihat patung pedagang tongseng yang menjadi ikon Selain daging kambing, resep ini tentunya dapat kamu gunakan untuk daging jenis lainnya serta berbagai bagian darinya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat soto daging kambing tanpa santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Soto Daging Kambing Tanpa Santan memakai 16 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Daging Kambing Tanpa Santan:
  1. Ambil 500 gram daging kambing
  2. Gunakan 6 siung bawang merah
  3. Siapkan 3 siung bawang putih
  4. Siapkan 1 cm jahe
  5. Siapkan 1 sdt garam
  6. Sediakan 1 sdm gula pasir
  7. Ambil 1/2 sdt merica bubuk
  8. Sediakan 4 batang serai
  9. Sediakan 3 helai daun jeruk
  10. Gunakan 2 lembar daun salam
  11. Siapkan 3 butir kemiri
  12. Sediakan 2 batang daun bawang dirajang
  13. Sediakan 1 butir tomat potong dadu
  14. Sediakan 2 buah kentang kupas u/ digoreng
  15. Ambil 5 siung bawang merah u/ digoreng
  16. Sediakan 700 ml air kaldu rebusan daging

Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis soto salah satunya adalah soto daging, seperti namanya makanan ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya ada juga yang menggunakan. Resep Tengkleng Kambing - Selain itu, aneka macam olahan daging qurban di Indonesia sangat beragam. Hampir tiap-tiap daerah memilki masakan khas iduladha sendiri. Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang rese tengkleng kambing istimewa tanpa santan spesial idhuladha.

Langkah-langkah membuat Soto Daging Kambing Tanpa Santan:
  1. Pertama rebus daging sampai 1/2 lunak, potong-potong. (saat merebus saya tambahkan bawang putih geprek, lada bubuk, sedikit garam, dan jahe bubuk untuk mengurangi aroma kambing dan dagingnya lebih harum). Potong juga kentang 4 bagian, lalu dirajang tipis2, rajang juga bawang merah yg nanti akan digoreng, sementara bumbunya dihaluskan jadi satu.
  2. Tumis bumbu dengan sedikit minyak, setelah harum tambahkan tomat, selanjutnya tumis daging bersama bumbu sampai bumbu meresap kedalam daging.
  3. Tambahkan air rebusan daging, rebus daging dengan api kecil. Setelah mendidih tambahkan daun bawang yg sudah dirajang.
  4. Sementara menunggu sotonya matang, kita goreng kentang dan bawang merah yg sudah dirajang tipis-tipis.
  5. Setelah soto daging matang dan rasanya pas, angkat lalu sajikan bersama kentang goreng, bawang goreng, dan telur rebus. (saya tidak menggunakan penyedap, jadi yg diperlukan hanya keseimbangan antara gula dan garam, jika kurang asin tambahkan garam sedikit sampai rasanya pas, begitu juga jika kurang manis, tambahkan gula sedikit demi sedikit)
  6. Soto Daging Kambing Tanpa Santan pun siap disajikan, rasanya mantap sekali, apalagi dinikmati panas-panas saat udara dingin, makin mantap! 😋 Selamat mencoba! 😍

Bunda bisa mencoba masakan soto daging kuah bening maupun kuah santan. Resep soto daging yang dilengkapi dengan petunjuk lengkap cara membuat soto daging sederhana. Resep soto ada beberapa macam diantaranya soto ayam dan soto daging. Soto daging santan akan terasa sangat gurih, rasa gurihnya ini berasal dari kuah kaldu daging dan juga santannya yang dipadukan menjadi satu Resep Soto Daging Santan. Masukkan daging kambing, kecap manis dan santan, didihkan sambil diaduk sesekali agar santan tidak pecah sampai semua bumbu meresap dalam daging.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Soto Daging Kambing Tanpa Santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved