Bagaimana Membuat Kuah Bakso Tulang Sum-Sum, Bikin Ngiler

Lillian Flores   17/10/2020 15:05

Kuah Bakso Tulang Sum-Sum
Kuah Bakso Tulang Sum-Sum

Anda sedang mencari inspirasi resep kuah bakso tulang sum-sum yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kuah bakso tulang sum-sum yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kuah bakso tulang sum-sum, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan kuah bakso tulang sum-sum enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Resep Baso kuah tulang sumsum dan tetelan sapi. Punya tulang sum-sum dan tetelan sapi yg sudah dipresto.jadi ketika mendadak ngga bisa ke warung atau ke pasar gunakan aja bahan yg ada untuk diolah.baso sapi juga sudah beli yg siap olah.maka saya tinggal menumis bumbu dan ngga pake lama jadi. Untuk kuah rebus tulang sumsum sehari sebelumnya, Bumbu kuah :, bawang putih uleg, bawang bombay rajang, pala uleg, merica uleg, Bakso :, daging giling/cincang Resep 'bakso sumsum' paling teruji.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan kuah bakso tulang sum-sum sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Kuah Bakso Tulang Sum-Sum memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kuah Bakso Tulang Sum-Sum:
  1. Gunakan 1 Kg Tulang Sum-Sum Sapi
  2. Gunakan 3 Liter Air
  3. Ambil 3 Batang Daun Bawang
  4. Gunakan secukupnya Lada
  5. Ambil secukupnya Garam
  6. Siapkan secukupnya Penyedap Rasa
  7. Ambil 50 Butir Bakso
  8. Gunakan secukupnya Margarin
  9. Gunakan Haluskan
  10. Sediakan 11 Butir Bawang Putih
  11. Sediakan 3 Butir Bawang Merah
  12. Ambil 3 Batang Daun Bawang (Bagian putih nya saja)
  13. Ambil Pelengkap
  14. Gunakan Bihun / Mie
  15. Siapkan Daun Bawang / Seledri (Iris)
  16. Ambil Bawang Goreng
  17. Siapkan Sawi Rebus

Setelah air sudah mendidih, masukkan tulang sapi yang sudah Anda sediakan. Tunggu hingga matangtulang nya dan mendidih airnya. Bagi pedagang bakso, tulang sumsum biasanya direbus bersama kuah bakso, dan berfungsi sebagai penambah cita rasa pada kuah. Ada beberapa bagian tulang yang mengandung sumsum.

Langkah-langkah membuat Kuah Bakso Tulang Sum-Sum:
  1. Cuci bersih tulang sum-sum lalu rebus sekitar 10 menit lalu bersihkan kembali
  2. Tumis bahan yang dihaluskan dengan margarin hingga halus
  3. Rebus kembali tulang sum-sum di dalam panci presto dengan bahan yang sudah ditumis dan air selama 90 menit
  4. Setelah kuah kaldu di presto, masukan garam, lada, penyedap rasa, daun bawang dan bakso, apabila air dirasa kurang bisa ditambahkan sesuai selera
  5. Sajikan dengan bahan pelengkap

Semakin besar ukuran tulang, maka semakin banyak volume sumsum yang tersedia. Arif mengaku selalu menggunakan tulang kaki bagian atas yang memiliki volume sumsum lebih banyak. Resep kuah bakso solo Bakso yang sudah matang akan muncul ke permukaan. Siapkan semua bumbu halus untuk kuah, tumis sampai aromanya harum. Masukan air mendidih, aduk hingga warna air berubah lalu masukan tulang yang lebih dahulu dibersihkan.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Kuah Bakso Tulang Sum-Sum yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved