Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bolu Keju Kismis yang Bikin Ngiler

Mathilda Barber   31/07/2020 04:33

Bolu Keju Kismis
Bolu Keju Kismis

Sedang mencari inspirasi resep bolu keju kismis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu keju kismis yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu keju kismis, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan bolu keju kismis yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Hai teman-teman assalamualaikum Kali ini Rikaribi Gokitchen mau bikin bolu keju / Kismis cheddar cheese and Raisin cake. Berhubung masih ada sisa durian buat pancake kemarin,sempat bingung mau dibuat apa. Guys kali ini saya buat resep yang gampang banget,BOLU KEJU KISMIS ,bahannya juga ga ribet.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bolu keju kismis yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bolu Keju Kismis memakai 12 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Bolu Keju Kismis:
  1. Sediakan 180 gr tepung terigu protein sedang
  2. Ambil 1 sdm maizena
  3. Gunakan 1 sdm susu bubuk putih
  4. Sediakan 1 sdt baking powder
  5. Siapkan 100 gr margarin (saya recommend 125gr)
  6. Sediakan 75 gr keju diparut, 35 gr untuk topping (resep asli 50gr)
  7. Gunakan 40 ml susu cair putih
  8. Ambil 4 butir telur ayam suhu ruang
  9. Siapkan 175 gr gula pasir (ini manis ya)
  10. Ambil 1/2 sdt vanili bubuk (tambahan saya)
  11. Siapkan 1 sdt SP (tambahan saya)
  12. Ambil Secukupnya kismis untuk topping (tambahan saya)

Bolu yang satu ini selain mudah dalam membuatnya anda juga bisa menambahkan aneka isian didalamnya, misalnya kismis, coklat, keju atau yang lainnya. Bolu kukus adalah menu wajib di setiap besek syukuran. Kamu bisa bikin yang lebih nikmat di Bolu juga bisa kok kamu variasikan dengan keju. Sama halnya dengan coklat, rasa keju juga pasti.

Langkah-langkah membuat Bolu Keju Kismis:
  1. Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan taburi sedikit tepung Saya gunakan loyang tulban 22 cm., sisihkan. Kemudian siapkan bahan2 sesuai takaran.
  2. Ayak bahan kering: terigu, maizena, susu bubuk dan baking powder, sisihkan. Keju bagi 2, pisahkan 35 gr untuk topping. Parut semuanya, sebaiknya jadi 2 tempat.
  3. Lelehan sebagian keju bersama susu cair dengan cara ditim, setelah leleh campurkan margarin, aduk hingga mencair tapi jangan sampai seperti minyak ya nanti bolunya seret. Aduk rata, angkat dan sisihkan hingga suhu ruang. Cuci kismis dengan air hangat, tiriskan lalu taburi sedikit tepung, keringkan. Ini supaya nanti kismis tidak tenggelam ke dasar bolu.
  4. Telur, gula pasir dan vanili bubuk mixer dengan speed tinggi naik bertahap. Setelah 5 menit masukkan SP, mixer terus sampai adonan putih pucat dan kental (tidak mengalir). Matikan mixer.
  5. Masukkan sepertiga ayakan tepung, aduk pelan dengan mixer mati, setelah rata baru mixer sebentar dengan speed paling rendah. Ulangi sampai habis. Kemudian campurkan margarin leleh 3x juga, aduk pelan dengan spatula sampai adonan homogen. Jangan sampai ada yg mengendap di dasar. Mulai panaskan oven sampai suhu 170C (saya pakai otang)
  6. Campur sebagian kismis ke dalam adonan lalu aduk. Tuang adonan kental ke dalam loyang, Taburi dengan topping keju parut dan sisa kismis. Hentakkan beberapa kali ke meja lalu panggang sampai kering. Oven saya biasa manggang 1 jam. Bisa dites tusuk ya. Kalo sudah matang keluarkan dari oven. Kalo uap panasnya sudah hilang, segera keluarkan dari loyang. Ini hasilnya, bawahnya mulus banget, aroma kejunya menyeruak ke mana2, kismisnya juga tidak tenggelam 😘
  7. Bolu ini so cheesy.. teksturnya moist dan lembut. Recommended banget untuk para cheese and raisin lovers. Dicoba deh. Jangan lupa kirim foto recooknya ya ☺☺

Simak resep dan cara membuat kue bolu kismis di bawah ini! Siapkan sebuah wadah, tuang air panas ke dalamnya, lalu rendam kismis hingga mengembang sempurna. Cara membuat bolu jadul, bolu tape keju dengan bahan sederhana. Blender tapai singkong dan susu cair hingga hancur, kemudian sisihkan. Nah, bagi anda yang ingin tahu seperti apa cara membuat sajian kue bolu keju parut panggang Siapa yang tak kenal dengan sajian kue bolu keju parut?

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Bolu Keju Kismis yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved