Resep Sambal Goreng Kentang Ati Ampela & Telur Puyuh, Menggugah Selera

Charles Perkins   13/07/2020 12:59

Sambal Goreng Kentang Ati Ampela & Telur Puyuh
Sambal Goreng Kentang Ati Ampela & Telur Puyuh

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal goreng kentang ati ampela & telur puyuh yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal goreng kentang ati ampela & telur puyuh yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal goreng kentang ati ampela & telur puyuh, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sambal goreng kentang ati ampela & telur puyuh enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Sambal goreng ati ampela pedas. foto: Instagram/@doctordailykitchen. Menu sambal goreng kentang merupakan sebuah sajian yang sangat spesial dan mantap untuk dinikmati. Bumbu masak yang begitu khas menjadi hal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sambal goreng kentang ati ampela & telur puyuh sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sambal Goreng Kentang Ati Ampela & Telur Puyuh menggunakan 14 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sambal Goreng Kentang Ati Ampela & Telur Puyuh:
  1. Siapkan 250 gr Telur Puyuh
  2. Ambil 1/4 Kentang
  3. Siapkan 1/4 Ati Ampela
  4. Ambil 2 lmbar Daun Jeruk
  5. Ambil Lada bubuk (secukupnya)
  6. Siapkan Garam
  7. Siapkan Gula
  8. Gunakan Penyedap Rasa
  9. Siapkan Bumbu halus👇:
  10. Siapkan 4 bh Cabe Merah Besar
  11. Ambil 3 bh Cabe Rawit
  12. Sediakan 8 Siung Bawang Merah
  13. Siapkan 4 Siung Bawang Putih
  14. Siapkan 3 bh Kemiri

Sambal goreng kentang kini sudah siap untuk dihidangkan, lebih pas bila ditaburi bawang goreng. Jadilah sudah artikel sambal goreng ati ampela petai, jadi seperti yang sudah kami sampaikan diatas bahwa campurannya bisa menyesuaikan dengan selera keluarga. Sambal goreng ati ampela kentang ialah salah satu masakan yang khas dan tradisional dari Indonesia yang begitu enak dan nikmat, dibuat dengan menggunakan bumbu rempah - rempah serta santan yang segar sehingga membuat sambal goreng ati ampela kentang ini begitu menggoda. Salah satu hidangan yang selalu ada di waktu Lebaran adalah sambal goreng kentang hati sapi.

Langkah-langkah membuat Sambal Goreng Kentang Ati Ampela & Telur Puyuh:
  1. Cuci bersih ati ampela. Rebus, beri daun jeruk untuk menghilangkan bau amis. Masak sampai matang, lalu potong²
  2. Kupas kentang, lalu potong dadu, cuci bersih kemudian goreng hingga matang
  3. Tumis bumbu halus sampai matang dan harum. Tambahkan air secukupnya, masukkan kentang, ati ampela, dan telur puyuh yang sudah di rebus dan dikupas
  4. Tambahkan garam, gula, penyedap. Cek rasa. Masak hingga air agak menyusut. Cek rasa, angkat dan sajikan.

Untuk hati sapi bisa diganti juga dengan ati ampela. Sambal Goreng Kentang Hati juga sering menjadi pelengkap Nasi Tumpeng atau Nasi Kuning bersama lauk lainnya seperti Kering Tempe, Perkedel Bagi anda yang ingin mencoba variasi lain Sambal Goreng Kentang Hati dengan telur puyuh, silahkan lihat resep Sambal Goreng Campur. Ampela Saia lbh suka bawa bekal saat kerja drpd beli makanan diluar. Ini salah satu bekal andalan saia. + Setelah dicuci bersih, potong dadu hati ampela dan kentang. Rendam keduanya (wadah yg berbeda) taburi garam.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal goreng kentang ati ampela & telur puyuh yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved