Resep Kwetiaw Goreng Sapi yang Enak Banget

Olive Curtis   20/08/2020 00:59

Kwetiaw Goreng Sapi
Kwetiaw Goreng Sapi

Sedang mencari inspirasi resep kwetiaw goreng sapi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal kwetiaw goreng sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Tumis daging sapi yg sdh dberi bumbu garam n merica dgn minyak wijen hingga matang.angkat,sisihkan Kwetiau juga bisa diolah menjadi aneka sajian one dish meal yang menggugah selera. Salah satunya adalah kwetiau goreng sapi. Salah satunya adalah kwetiau goreng sapi.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kwetiaw goreng sapi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kwetiaw goreng sapi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kwetiaw goreng sapi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kwetiaw Goreng Sapi memakai 12 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kwetiaw Goreng Sapi:
  1. Ambil 100 gr dada ayam fillet atau sapi
  2. Gunakan Caisim 1 ikat, cuci bersih, potong kecil
  3. Gunakan Toge panjang
  4. Siapkan 1 kantong Kwetiau mentah (200 gr)
  5. Siapkan 2 sdm kecap asin cap angsa
  6. Gunakan Bawang putih 5 siung digoreng jadi minyak bawang
  7. Ambil Bakso 2bh (optional)
  8. Ambil 1 bh telor ayam/bebek
  9. Sediakan 2 sdm Soy sauce all purpose
  10. Sediakan 1/2 sdm Kecap ikan
  11. Sediakan Bubuk kaldu sapi
  12. Siapkan sesuai selera Lada

Kwetiau goreng akang atau abang-abang itu sudah biasa kita konsumsi dan mudah didapat di pinggir-pinggir jalan banyak sering kita dijumpai terutama di perkotaan, seperti di Bandung, Jakarta, Denpasar, Jogjakarta, Semarang, Surabaya, dll. Kwetiau digoreng kering lalu ditambahkan tauge, sawi, irisan daging sapi, dan kikil yang melimpah. Kwetiau Sapi Hayam Wuruk yang saya kunjungi ini terletak di ruko boulevard Kelapa Gading. Karena saya memang penggemar kwetiau goreng, maka saya memesan kwetiau goreng di sini.

Cara membuat Kwetiaw Goreng Sapi:
  1. Potong Sapi atau ayam jg boleh seiris2 lalu aduk dgn soy sauce 1 sdt
  2. Siapkan kuali, masukkan minyak sesuai selera lalu masukkan caisim sampai setengah layu
  3. Masukkan bakso, dan daging ayam/sapi, tumis sampai harum
  4. Masukkan kwetiaw, api dikecilkan/dimatikan, masukkan soy sauce, kecap ikan, kecap asin, bumbu2 dll aduk rata sampai warna kwetiau kecoklatan dengan api besar
  5. Kecilkan api, tambahkan minyak bawang lalu ceplok telor diatas kwetiau
  6. Besarkan api lalu aduk dengan cepat, telor dan kwetiaw akan menempel di dasar kuali, tidak apa2 kerok pelan2 seluruh kwetiaw yg menempel dengan cepat, kalau bisa tgu stgh gosong bagian yg menempel td biar ada aroma smokey ya, jgn sampai gosong pokoknya, dan jgn lupa masukkan toge sebelum diangkat, tumis terus sampai tingkat kering yg sesuai dgn selera anda :)
  7. Alternatif : apabila anda menyukai warna yg lebih medok/tua, bisa menggunakan telor bebek agar lebih merah dan kasih kecap manis sedikit saja

Bukan karena kurang kecap, tapi kurang ada warna dan rasa "smokey" (wok hei) ketika menumis kwetiau goreng tersebut. Menunya ada yg kwetiau goreng dan sorang dengan menggunakan daging sapi dan seafood. Gila sih w ini pecinta kwetiaw terutama kwetiaw goreng sapi, dimanapun pasti berusaha cari kwetiaw goreng. Dari rasa, tekstur, porsi, sampai dagingnya udah paling the best!. The kwetiau goreng sapi is a variant of popular kwetiau goreng (stir fried kway teow) but distinctly served with beef.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat kwetiaw goreng sapi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved