Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kwetiaw Sapi Goreng yang Enak

Bertha Leonard   07/12/2020 12:13

Kwetiaw Sapi Goreng
Kwetiaw Sapi Goreng

Anda sedang mencari ide resep kwetiaw sapi goreng yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kwetiaw sapi goreng yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kwetiaw sapi goreng, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan kwetiaw sapi goreng yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Ini dia cara memasak Kwetiau Goreng sapi atau Char Kway Teow Singapore. Resep Kwetiau goreng ini sangat popular di Asia dan rasanya enak banget. KWETIAU SAPI ACIAP - Mangga Besar.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kwetiaw sapi goreng yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Kwetiaw Sapi Goreng menggunakan 28 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kwetiaw Sapi Goreng:
  1. Gunakan 500 gr Kwetiaw instan
  2. Sediakan 250 gr Daging sapi (aku pakai daging oseng)
  3. Siapkan 2 butir telur ayam
  4. Sediakan Tauge besar (sesuai selera, aku pakai segenggam tangan)
  5. Sediakan 1 ikat Sawi hijau (potong sesuai selera)
  6. Gunakan 1 batang daun bawang (sesuai selera)
  7. Sediakan 2 siung kecil Bawang putih (digeprek)
  8. Siapkan 3 siung Bawang merah (iris kecil2)
  9. Sediakan Daun seledri (sesuai selera)
  10. Siapkan Garam (sesuai selera)
  11. Ambil Gula (hanya penyeimbang)
  12. Ambil Penyedap rasa, rasa sapi(secukupnya)
  13. Sediakan 1 sdt Minyak ikan (bisa di skip)
  14. Sediakan kecap asin (secukupnya)
  15. Siapkan Kecap manis (disesuaikan selera)
  16. Siapkan Minyak goreng
  17. Gunakan Air kaldu sapi (secukupnya)
  18. Sediakan Merica bubuk (secukupnya)
  19. Sediakan Bawang goreng (bila ada)
  20. Gunakan Bumbu Halus
  21. Sediakan 4 siung kecil bawang putih
  22. Gunakan 1 butir kemiri
  23. Ambil 1 sdt Garam
  24. Gunakan 1/2 sdt Gula
  25. Sediakan Bahan sambel
  26. Ambil 10 buah cabe rawit setan merah
  27. Gunakan Air hangat (secukupnya)
  28. Siapkan Garam (seujung sendok)

Nama lain dari masakan kwetiau goreng gurih ini adalah kwetiau Pontianak spesial. Kwetiau sapi adalah hidangan kwetiau yang ditumis dengan campuran daging sapi dan terkadang juga ditambahi jeroan sapi (urat/tendon, hati, babat). Kwetiau sapi dapat disajikan berkuah atau tanpa kuah, tetapi umumnya ditumis dengan sedikit kuah. Kwetiau Goreng Sapi jadi salah satu jajanan terkenal dari Pontianak sehingga sering kali disebut juga Kwetiau Goreng Pontianak.

Cara menyiapkan Kwetiaw Sapi Goreng:
  1. Rebus daging sapi terlebih dahulu dengan ditambah 1sdt garam (buang darah yg ada di atas permukaan air rebusan, sisihkan air kaldu hasil rebusan)
  2. Cara memasak sambal: Rebus cabe rawit merah, Ulek hingga halus, Masukkan ke wadah, tambahkan garam dan air hangat secukupnya.
  3. Tumis bawang putih geprek dan potongan bawang merah sampai harum, masukan bumbu halus, tumis sampai harum, kemudian beri air kaldu secukupnya.
  4. Masukkan daging sapi yang sudah di rebus, tambahkan 1 sdm kecap asin, 1sdm kecap manis dan 1sdt garam, diamkan 5 menit, (tutup belanga agar bumbu meresap ke daging).
  5. Masukkan telur, daging agak dipinggirkan agar tidak amis, aduk telur hingga matang, lalu campur dengan daging dan bumbu.
  6. Masukkan kwetiaw, tambahkan 1sdm garam (disesuaikan), royco sapi (sesuai selera), 1 sdt gula, 1sdm kecap asin, 3 sdm kecap manis (disesuaikan), minyak ikan. Aduk hingga merata dan dirasakan rasanya apakah sudah pas, apabila agak kering tambahkan air kaldu sedikit sampai tekstur kwetiaw sesuai dengan selera.
  7. Setelah tercampur rata, masukkan sawi hijau, tauge, daun bawang, dan seledri, campur hingga layu (sebentar saja).
  8. Kwetiaw siap disajikan, taburkan bawang goreng (bila ada).

Pesanlah Kwetiau Sapi Goreng untuk membuktikan kelezatannya. Kwetiau ini tidak digoreng terlalu kering. Kamu bisa memilih isiannya, mau daging sapi saja atau campur. Resep Membuat Kwetiau Goreng Spesial Ala Dapur Nyonya. Menu kwetiau goreng sapi spesial diketahu memiliki cita rasa yang sangat lezat nikmat dan enak.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat kwetiaw sapi goreng yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved