Cara Gampang Membuat Sayur santan telur tahu tempe, Bisa Manjain Lidah

Herbert Carter   25/06/2020 18:06

Sayur santan telur tahu tempe
Sayur santan telur tahu tempe

Lagi mencari ide resep sayur santan telur tahu tempe yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur santan telur tahu tempe yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur santan telur tahu tempe, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayur santan telur tahu tempe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep TTG (Tahu Tempe Gremut) Kuah Santan enak lainnya. KOMPAS.com - Terik, makanan tradisional dari Jawa Tengah ini menggunakan santan dan bumbu gurih dan lezat. Terik bisa diolah berisi beragam lauk dari ayam, daging, telur, dan tahu tempe.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur santan telur tahu tempe yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur santan telur tahu tempe memakai 9 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayur santan telur tahu tempe:
  1. Siapkan 3 butir telur
  2. Ambil 2 buah tahu
  3. Ambil 1/2 papan tempe
  4. Sediakan 1/2 kelapa(ambil santan 3 gelas)
  5. Sediakan Bumbu halus
  6. Siapkan 4 butir bawang merah
  7. Ambil 2 siung bawang putih
  8. Ambil 1 ruas kunyit, temu kunci, daun jeruk
  9. Sediakan Secukupnya garam dan gula

Tahu dan tempe bisa diolah menjadi masakan yang menggoda selera apalagi dengan kuah santan yang pedas. Dan salah satunya yaitu sayur tahu tempe kuah pedas. Sayur tahu tempe ini akan menggugah selera anda. Perpaduan antara tempe dan tahu ini akan membuat hidangan menjadi lebih lezat.

Langkah-langkah membuat Sayur santan telur tahu tempe:
  1. Rebus telur hingga matang, sisihkan.
  2. Potong tahu lalu di goreng setengah matang, potong tempe sisihkan
  3. Tumis bumbu halus sampai kering dan harum, tambahkan santan, tahu, tempe, telur, garam, gula, aduk rata.
  4. Sayur santan telur tahu tempe siap di sajikan.

Komposisi bahan dan bumbu yang digunkannya pun akan menyempurnakan kelejatan dari sayur yang satu ini. Resep sayur tahu tempe ini tentunya bukan hal yang asing lagi. Sayur tempe tahu cabe/lombok hijau ini biasa disebut 'jangan ndeso' atau sayur desa. Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah. Gurih santan dan pedas dari cabe hijau membuat hidangan yang satu ini paling dicari saat berkunjung ke desa di Jawa Tengah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur santan telur tahu tempe yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved