Bagaimana Membuat Gudeg Ayam Praktis Anti Gagal

Nannie Carroll   22/10/2020 01:40

Gudeg Ayam Praktis
Gudeg Ayam Praktis

Anda sedang mencari ide resep gudeg ayam praktis yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gudeg ayam praktis yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gudeg ayam praktis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan gudeg ayam praktis yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Makanan khas asal Jogja ini sangat mudah ditemui dari penjual keliling, pedagang kaki lima hingga restoran. Gudeg itu sendiri merupakan sajian yang terbuat dari nangka. Resep Gudeg Jogja Praktis, Komplit, dan Paling Enak.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat gudeg ayam praktis yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Gudeg Ayam Praktis menggunakan 19 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Gudeg Ayam Praktis:
  1. Ambil nangka muda (uk standar di tkg sayur😁)
  2. Gunakan paha ayam
  3. Siapkan Telur rebus (me: skip, dah ada telur pindang😁)
  4. Siapkan teh celup S*sro
  5. Siapkan Air panas
  6. Gunakan Bumbu Halus:
  7. Gunakan bawang merah
  8. Gunakan bawang putih
  9. Sediakan kemiri
  10. Sediakan bubuk ketumbar
  11. Gunakan Bumbu Cemplung:
  12. Sediakan daun salam
  13. Ambil daun jeruk
  14. Ambil serai
  15. Sediakan lengkuas
  16. Sediakan gula merah
  17. Sediakan S*n Kara instan (uk 65 ml)
  18. Sediakan Garam
  19. Siapkan Kaldu bubuk

Cara Membuat Gudeg Nangka Telur Khas Yogya Hallo bunda, saya akan membagikan video cara membuat gudeg nangka telur. Resep Ayam Suwir - Ayam suwir merupakan salah satu makanan olahan daging ayam yang sangat enak. Daging ayam tersebut harus direbus terlebih dahulu kemudian disuwir baik dengan. Gudeg dan ayam geprek adalah dua ikon kuliner Jogja yang jadi favorit di seantero nusantara.

Cara menyiapkan Gudeg Ayam Praktis:
  1. Cuci nangka muda, iris tipis sesuai selera, rebus dalam air secukupnya dgn 2 kantong teh celup, biarkan s/d lunak dan berwarna kecoklatan, lalu angkat, buang kantong teh celup, tiriskan nangka, sisihkan
  2. Bumbu halus diblender, sisihkan. Bumbu cemplung cuci bersih, lengkuas digeprek, serai ambil putihnya, disimpulkan, geprek ujungnya, gula merah diiris halus. Ayam dicuci bersih, dibalur sedikit air jeruk purut biar tidak anyir, diberi sedikit garam, lalu goreng sebentar (biar tidak hancur saat nanti dimasak), sisihkan
  3. Siapkan panci (sy pakai panci deep fry-biar dalam dan air tdk meluap), susun bumbu cemplung didasar panci, lalu simpan ayam diatasnya, simpan sebagian bumbu halus diatas ayam, simpan irisan nangka diatas bumbu halus, simpan sisa bumbu halus diatas nangka. Terakhir tambahkan air panas s/d semua lapisan terendam, 1 kantong teh celup lagi, lalu tutup panci (seperti diungkep) dan masak diatas api kecil s/d keseluruhan air menyusut.
  4. Perhatikan jgn sampai gosong biar tdk rusak rasanya, boleh sesekali diaduk, ditengah proses ungkep, teh celup boleh dibuang agar nangka tdk terasa pahit. Setelah air surut, angkat dan sajikan dengan sambal bajak atau pelengkap gudeg lainnya. Alhamdulillah panjang prosesnya tapi nikmat😊👍

Sebagai penggemar gudeg sekaligus ayam geprek, maka Gudeg Geprek adalah sebuah temuan. Gudheg) adalah makanan khas Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Sekalipun banyak sekali jenis gudeg yang ada namun gudeg nangka tetap menjadi favorit bagi mereka yang berkunjung di Yogjakarta. Resep membuat gudeg nangka sebenarnya sangat mudah sehingga.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gudeg ayam praktis yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved